Kebijakan kepala sekolah dalam menerapkan disiplin positif siswa di sekolah penggerak SMPIT Cendekia Purwakarta

Setiawan, Iwan (2024) Kebijakan kepala sekolah dalam menerapkan disiplin positif siswa di sekolah penggerak SMPIT Cendekia Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER REVISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Perilaku disiplin siswa yang ditunjukkan melalui kepatuhan siswa pada aturan sekolah seringkali dimotivasi oleh sesuatu yang bersifat ekstrinsik, yaitu karena takut atau menghindari hukuman atau ingin mendapatkan hadiah. Perilaku disiplin tersebut hanya bersifat jangka pendek karena kepatuhannya tergantung pada adanya dorongan dari luar dirinya atau bersifat ekstrinsik. Sementara Penerapan disiplin positif merupakan pendekatan menumbuhkan kedisiplinan dari dalam diri tanpa hukuman atau hadiah atau bersifat intrinsik. Penerapan disiplin positif sangat penting untuk diterapkan sebagai pola pendidikan untuk membentuk karakter peserta didik yang bersifat jangka panjang. Maka, dalam penerapannya dibutuhkan kebijakan kepala sekolah agar tujuan dari penerapan disiplin positif siswa dapat tercapai. Menurut Putt dan Springer (1989), ada tiga tahapan dalam pengambilan kebijakan, yaitu tahap formulasi kebijakan, tahap implementasi kebijakan, dan tahap evaluasi kebijakan. Tahapan ini juga dapat dterapkan oleh kepala sekolah dalam membuat kebijakan. Tahap formulasi kebijakan meliputi aktifitas mengidentifikasi masalah, agenda kebijakan, pemecahan masalah, dan menetapkan kebijakan. Tahap impelementasi berfokus pada aspek komunikasi, kesiapan sumber daya, disposisi kebijakan, dan struktur birokrasi. Terakhir tahap evaluasi meliputi evaluasi konteks, input, proses, dan produk atau hasil. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran langkah kebijakan kepala sekolah penggerak SMPIT Cendekia Purwakarta dalam memformulasikan kebijakan, mengimplementasikan kebijakan, serta bagaimana evaluasi penerapan kebijakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi tahapan kepala sekolah dalam mengambil kebijakan kebijakan penerapan disiplin positif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepala SMPIT Cendekia purwakarta dalam membuat kebijakan telah melalui tahapan fromulasi kebijakan, seperti mengidentifikasi masalah, membuat agenda kebijakan, pemecahan masalah, dan menetapkan kebijakan; (2) dalam implementasi kebijakan kepala sekolah dan staf pelaksana kebijakan telah memperhatikan empat faktor yang mempengaruhi keberhasilan kebijakan, yaitu membangun komunikasi yang cukup efektif, menyiapkan sumber daya, sikap penerimaan terhadap kebijakan, dan membuat struktur birokrasi yang efektif; dan (3) hasil evaluasi kebijakan penerapan disiplin positif berdasarkan konteks, input, proses, dan produk atau hasil mampu meningkatkan kedisiplinan siswa secara intrinsik, serta mampu menciptakan budaya sekolah yang positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; kepala sekolah; disiplin positif;
Subjects: General Management
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Decision Making Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iwan Setiawan
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:25
Last Modified: 30 Sep 2024 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99662

Actions (login required)

View Item View Item