Pengembangan media pembelajaran AR (Augmented Reality) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD IT Al-Mumtaz

Alfarizi, Muhadab (2024) Pengembangan media pembelajaran AR (Augmented Reality) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD IT Al-Mumtaz. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Augmented Reality (AR) adalah kombinasi elemen virtual dan real-time yang ditampilkan pada smartphone, laptop, atau komputer. Baik dalam bentuk teks, animasi, model 3D, atau video, objek virtual memberikan pengguna perasaan akan keberadaan aslinya. Pengembangan AR penting dilakukan meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di MI kelas V. Dengan memanfaatkan teknologi AR, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep IPA dan mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain augmented reality yang di kembangkan pada mata pelajaran IPA materi bangun ruang organ gerak pada manusia dan hewan di SD IT Al-Mumtaz. Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran IPA materi organ gerak pada manusia dan hewan SD IT AL-Mumtaz. Untuk mengetahui mengimplementasi media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran IPA materi organ gerak pada manusia dan hewan di SD IT-AL Mumtaz. Untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas V SD IT Al-Mumtaz setelah menggunakan Augmented Reality (AR) Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality berbantuan ARCore, model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE. yang terdiri dari lima tahap di antaranya adalah analysish(analisis), desig (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menyampaikan bahwa terdapat tiga tahap dalam penelitian ini yakni desain awal, pengembangan media dan implementasi. Pengembangan yang dilakukan bersama studi ini berfokus pada peningkatan media pembelajaran IPA terkait materi organ gerak padammanusia danmhewan. Sebelum membuat desain awal media peneliti terlebih dahulu menganalisis kebutuhan media pembelajaran seiring perkembangan zaman berdasarakan fakta di lapangan dan mengkaji silabus yang ada pada tingkat sekolah dasar kemudian menyesuaikan antara materi dan bentuk media seperti apa yang dirasa cocok untuk materi tersebut sehingga pembuatan desain awal media memiliki acuan yang tepat dalam proses pembuatannya Kesimpulan dalam penelitian ini desain awal media AR ini dirancang dengan mempertimbangkan tujuan dan penyesuaian materi yang akan diajarkan selama proses pembelajaran. Proses pengembangan media pembelajaran Augmented Reality ini melibatkan saran dari validator ahli materi dan ahli media, termasuk penambahan elemen interaktif, pemisahan materi organ gerak manusia dan hewan, serta pemisahan bagian-bagian organ dalam media AR yang akan dipelajari. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media AR ini efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam pelajaran IPA untuk kelas V di MI/SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality; Metode; Pembelajara; SD/MI
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhadab Alfarizi Fariz
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:44
Last Modified: 02 Oct 2024 02:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99797

Actions (login required)

View Item View Item