Alfarizi, Muhadab (2024) Pengembangan media pembelajaran AR (Augmented Reality) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD IT Al-Mumtaz. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Augmented Reality (AR) adalah kombinasi elemen virtual dan real-time yang ditampilkan pada smartphone, laptop, atau komputer. Baik dalam bentuk teks, animasi, model 3D, atau video, objek virtual memberikan pengguna perasaan akan keberadaan aslinya. Pengembangan AR penting dilakukan meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di MI kelas V. Dengan memanfaatkan teknologi AR, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep IPA dan mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain augmented reality yang di kembangkan pada mata pelajaran IPA materi bangun ruang organ gerak pada manusia dan hewan di SD IT Al-Mumtaz. Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran IPA materi organ gerak pada manusia dan hewan SD IT AL-Mumtaz. Untuk mengetahui mengimplementasi media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran IPA materi organ gerak pada manusia dan hewan di SD IT-AL Mumtaz. Untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas V SD IT Al-Mumtaz setelah menggunakan Augmented Reality (AR) Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pembuatan media pembelajaran berbasis augmented reality berbantuan ARCore, model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE. yang terdiri dari lima tahap di antaranya adalah analysish(analisis), desig (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menyampaikan bahwa terdapat tiga tahap dalam penelitian ini yakni desain awal, pengembangan media dan implementasi. Pengembangan yang dilakukan bersama studi ini berfokus pada peningkatan media pembelajaran IPA terkait materi organ gerak padammanusia danmhewan. Sebelum membuat desain awal media peneliti terlebih dahulu menganalisis kebutuhan media pembelajaran seiring perkembangan zaman berdasarakan fakta di lapangan dan mengkaji silabus yang ada pada tingkat sekolah dasar kemudian menyesuaikan antara materi dan bentuk media seperti apa yang dirasa cocok untuk materi tersebut sehingga pembuatan desain awal media memiliki acuan yang tepat dalam proses pembuatannya Kesimpulan dalam penelitian ini desain awal media AR ini dirancang dengan mempertimbangkan tujuan dan penyesuaian materi yang akan diajarkan selama proses pembelajaran. Proses pengembangan media pembelajaran Augmented Reality ini melibatkan saran dari validator ahli materi dan ahli media, termasuk penambahan elemen interaktif, pemisahan materi organ gerak manusia dan hewan, serta pemisahan bagian-bagian organ dalam media AR yang akan dipelajari. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media AR ini efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam pelajaran IPA untuk kelas V di MI/SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality; Metode; Pembelajara; SD/MI |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhadab Alfarizi Fariz |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:44 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99797 |
Actions (login required)
View Item |