Mustaqim, Setia Irham Faqih (2024) Pemanfaatan media Kelas Jodoh sebagai komunikasi dakwah dalam menyampaikan ilmu pernikahan : Studi kasus pada member Kelas Jodoh di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (ABTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
Abstract
Kelas Jodoh adalah sebuah lembaga pembelajaran pranikah online dengan visi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan pranikah melalui cara pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam sebuah aplikasi Kelas Jodoh. Media dakwah ini melalui komunikasi kepada para pengguna aplikasi dengan mempertimbangkan kondisi zaman yang melihat dakwah semakin kaku dan tidak menarik. Kelas Jodoh menawarkan solusi menarik membina hubungan mulai dari kesadaran pasangan secara psikologis, hingga hukum al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manfaat Media Kelas Jodoh dan juga cara penyampaian komunikasi dakwah mengenai ilmu pernikahan. Tujuan penelitian ini didasari dari teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori S.O.R (Stimulus Organism Respon) yang dikemukakan oleh Hovlend (1953), Teori ini digunakan sebagai kerangka acuan untuk menganalisis temuan penelitian dengan cara yang objektif dan koperhensif. Kembangan dari teori ini yaitu untuk mengetahui tiga aspek utama, yaitu gambaran wawasan pengguna aplikasi sebelum menggunakan aplikasi kelas jodoh, mengetahui proses penyampaian ilmu pernikahan melalui aplikasi kelas jodoh, mengetahui dampak yang dihasilkan pengguna kelas jodoh setelah menerima ilmu pernikahan dari aplikasi kelas jodoh. Paradigma yang digunakan adalah kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif yang dikombinasikan dengan metode teknik studi kasus. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan dua metode yaitu wawancara dan observasi, yaitu dengan melihat dan juga mencatat kemudian menganalisis data berdasarkan model penelitian. Sementara untuk teknik analisis data menggunakan empat langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, Verifikasi data, Peneliti akan menyimpulkan hasil penelitian dengan menginterpretasikan data wawancara yang telah diverifikasi. Mereka akan memeriksa kesesuaian antara pesan aplikasi dengan wawancara pengelola dan pengguna. Data dianalisis dan divalidasi untuk memastikan kesesuaian, menggunakan berbagai sumber seperti pernyataan resmi, dokumen, dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, anggota Kelas Jodoh termotivasi untuk mewujudkan keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah melalui aplikasi ini. Kedua, Kelas Jodoh berperan penting dalam menyampaikan pesan yang tidak hanya informatif, tetapi juga mendalam secara psikologis. Ketiga, kepercayaan diri yang tinggi menjadi faktor kunci kesiapan individu dalam menghadapi pernikahan. Aplikasi ini memberikan materi edukasi komprehensif tentang pernikahan dalam Islam, membantu anggota memahami pentingnya membangun keluarga sesuai ajaran Islam, serta memberikan pengetahuan tentang hak, kewajiban, komunikasi efektif, dan pengelolaan konflik dalam pernikahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi dakwah; komunikasi dakwah; ilmu pernikahan; kelas jodoh |
Subjects: | Islam > Marriage and Family Life Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Culture and Institutions > Marriage |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Setia Irham Faqih Mustaqim |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 01:02 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99806 |
Actions (login required)
View Item |