Pengaruh model pembelajaran POGIL berbantu media Digital terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi Perubahan Lingkungan

Fitri, Rahma Nur (2024) Pengaruh model pembelajaran POGIL berbantu media Digital terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa belum mampu menghubungkan konsep-konsep biologi dan hanya menghafalnya tanpa memahami bagaimana konsep tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga keterampilan berpikir reflektif siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantu Media Digital terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan berbentuk Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. X MIPA 1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 34 siswa dan X MIPA 2 (kelas kontrol) berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes uraian berpikir reflektif, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas yang menggunakan model POGIL diperoleh nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 92,9% dan aktivitas siswa sebesar 91,15%, dan keterampilan berpikir reflektif siswa menggunakan eksperimen menghasilkan nilai rata-rata pre-test 39,9 dan post-test 87,2 dengan nilai N-gain sebesar 0,78 tergolong kategori tinggi. Pada kelas kontrol menghasilkan nilai rata-rata pretest 46,3 dan posttest 81,46 dengan nilai N-gain sebesar 0,65 tergolong kategori sedang. Hasil uji-t menunjukan nilai signifikansi dari kelas yang menggunakan model POGIL dan kelas kontrol lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, dengan thitung 5.375 > t tabel 1,999, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model POGIL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir reflektif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Biologi; Inkuiri Terbimbing; Berpikir Reflektif; Media Digital
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Fitri Rahma
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:17
Last Modified: 03 Oct 2024 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99845

Actions (login required)

View Item View Item