Shabrina, Dina (2024) busana sebagai media dakwah: Analisis dekskriptif pada proses konsep desain gambar pada kaos KATSAE. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER..pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (2).pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I..pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA...pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
Abstract
Strategi dakwah visual melalui fashion streetwear menjadi salah satu kegiatan dakwah melalui desain visual dengan media T-Shirt. Dalam era Gen-Z yang didominasi teknologi digital, dakwah tidak lagi terbatas pada ceramah tradisional, tetapi telah meluas ke media yang lebih modern. KATSAE merupakan sebuah brand fashion yang bergerak dibidang dakwah dengan memanfaatkan desain visual untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Sehingga penelitian ini menyoroti busana sebagai media untuk berdakwah yang dilakukan oleh brand KATSAE. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana proses desain pada kaos dakwah KATSAE, apa pesan dakwah yang terkandung dalam desain kaos dakwah KATSAE, serta apa inovasi desain yang dilakukan oleh brand KATSAE pada setiap desain kaos dakwahnya. Perencanaan strategi dakwah visual, bagaimana implementasi strateginya Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi visual dan teori desain komunikasi visal, kedua teori ini mempunyai tujuan yang sama yitu untuk memahami setiap elemen visual yang kreatif dan inovatif juga efektif dalam melakukan penyaimapaian pesan yang di tuju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif tentang perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategi dakwah melalui visual. Data yang didapat terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak KATSAE dan desain grafis KATSAE, observasi, serta dokumentasi dari tampilan media sosial KATSAE dan 8 desain visual dari produk best seller KATSAE. Hasil penelitian menemukan temuan-temuan baru dari brand KATSAE ini bahwasanya kaos dakwah KATSAE ini mempunyai representasi yang uat dan bermakna lalu proses untuk menemukan konsep desain untuk kaos dakwahnypun melalui berbagai proses yang mendalam dan yang pasti brand KATSAE ini menggunakan prinsip-prinsip Desain Komunikasi Visual dimana hal ini membuat KATSAE berhasil menggabungkan elemen visual yang menarik dengan pesan moral yang kuat, menjadikannya relevan bagi generasi muda dan berkontribusi pada penyebaran nilai-nilai dakwah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Busana; kaos Dakwah; Media Dakwah |
Subjects: | Islam Umum Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam tentang Agama dan Aliran Lain, Hubungan Islam dengan Agama dan Aliran Lain |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Dina Shabrina |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 07:41 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99846 |
Actions (login required)
View Item |