Sifa, Nadira Nurul (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis Bioedutaiment USBI (Uno Stacko Biologi) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran memainkan peran krusial dalam implementasi pembelajaran di era abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk media pembelajaran berbasis bioedutaiment USBI (UNO Stacko Biologi) untuk mencapai tuntutan pendidikan dalam ranah keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 3D (Define, Design, Development). Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran yaitu: 1) Ahli materi diperoleh persentase kelayakan 71% yang termasuk dalam kategori layak, 2) Ahli Media diperoleh persentase kelayakan 78% yang termasuk dalam kategori layak, 3) Guru Biologi diperoleh persentase kelayakan 92,8% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa memperoleh nilai rata- rata N-Gain keseluruhan sebesar 0,472 termasuk kategori sedang. Adapun nilai indikator keterampilan pemecahan masalah yang memiliki pencapaian tertinggi terdapat pada menyelesaikan masalah sesuai rencana dengan nilai N-Gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang. Respon siswa setelah pembelajaran menggunakan media USBI memperoleh persentase 85% yang mengindikasikan respon yang sangat positif. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran bioedutaiment UNO Stacko Biologi (USBI) yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran biologi yang mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bioedutaiment; Keanekaragaman Hayati; Media Pembelajaran; Pemecahan Masalah; USBI |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology |
Depositing User: | Nadira Nurul Sifa |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 04:46 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99936 |
Actions (login required)
View Item |