Basith, Dzulfikar Abdul (2024) Analisis materi Akidah Akhlak kelas X madrasah aliyah berdasarkan dimensi pengetahuan taksonomi anderson karthwoll. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover..pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak..pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1..pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2..pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3..pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4..pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5..pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka..pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan yaitu faktor alat. Buku teks menjadi salah satu dari faktor alat yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Buku teks memainkan peran yang sangat penting dalam bidang pengajaran dan pembelajaran. Masalah rendahnya kualitas buku ajar muncul di Indonesia menjadi perhatian serius. Salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam menangani hal tersebut adalah dengan memperhatikan kelayakan isi materi. Isi yang menyangkut materi dalam buku ajar sehingga sangat wajar apabila unsur kelayakan isi merupakan unsur utama untuk menentukan kualitas buku, mengingat bahwa suatu materi sangat berkaitan dengan kemampuan kognitif siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana bahasan buku materi akidah akhlak kelas X pada dimensi pengetahuan berdasarkan Taksonomi Anderson-Krathwohl. Bahasan materi yang dianalisis berhubungan dengan dimensi pengetahuan, dimulai dengan pengetahuan faktual, konseptual prosedural dan metakognitif. Keterampilan berfikir dalam kajian analisis ini berorientasi pada Taksonomi Anderson-Krathwohl, yang membagi pengetahuan menjadi 2 dimensi yaitu, dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Fokus utama dalam analisis ini yaitu menggunakan dimensi pengetahuan saja, tanpa memasukan dimensi proses kognitif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Data yang diperoleh didapatkan dengan menggunakan teknik studi dokumentasi, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi, yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis dari dimensi pengetahuan dalam materi buku akidah akhlak kelas X madrasah aliyah pada ranah faktual dari bab 1 sampai bab 11, semua bab terdapat indikator yang menunjukan materi pengetahuan ranah faktual. Kemudian pada ranah konseptual semua bab terdapat indikator yang menunjukan materi pengetahuan ranah konseptual. Kemudian pada ranah prosedural terdapat 5 bab yang didalamya tidak ada materi yang berhubungan dengan indikator pengetahuan ranah prosedural, yaitu bab 2 sifat-sifat Allah, bab 3 bertaubat, bab 6 asmaul husna, bab 7 islam wasathiyah, bab 9 hikmah, iffah, syaja’ah, ‘adalah. Kemudian pada ranah metakognitif terdapat 2 bab yang tidak ditemukan indikator materimya, yaitu bab 2 sifat Allah dan bab 10 menjauhi perilaku tercela.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akidah akhlak; analisis; taksonomi anderson karthwoll |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Education, Research Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | dzulfikar abdul basith |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 00:56 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 00:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100337 |
Actions (login required)
View Item |