Konseling kelompok untuk mencegah perilaku bullying melalui pendekatan Empty Chair: Studi kasus siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Ciwidey

Purnamasari, Riska (2024) Konseling kelompok untuk mencegah perilaku bullying melalui pendekatan Empty Chair: Studi kasus siswa kelas X IPS 2 di SMA Negeri 1 Ciwidey. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Maraknya bullying ditingkat pendidikan menjadikan bullying sebagai hal yang lumrah, bullying memberikan dampak besar terhadap keadaan korban, bukan hanya luka pada fisik namun juga pada psikisnya. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mengatasi perilaku bullying peserta didik di kelas X IPS 2 SMAN 1 Ciwidey dengan menggunakan metode empty chair. Empty chair merupakan teknik yang memainkan peran menggunakan under dog dan top dog untuk mengatasi rasa trauma pada korban bullying. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek kasus dalam penelitian ini adalah korban. Teknik pengumpulan data komunikasi langsung, observasi langsung dan studi dokumenter. Alat pengumpul data pedoman wawancara, pedoman observasi dan buku kasus. Hasil dari penelitian subjek korban mengalami dampak negatif terhadap fisiknya akibat tindakan verbal yang dilakukan pelaku serta psikis yang mengalami trauma. Penggunaan teknik empty chair untuk membantu korban dalam meningkatkan rasa percaya diri dan interaksi sosial dalam menghilangkan perasaan takut dan trauma akan bullying yang terjadi. Penerapan teknik empty chair memberikan dampak positif terhadap perubahan subjek ke arah yang lebih baik dalam hal percaya diri, interaksi sosial dan komunikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kondisi fisik dan psikis korban dikategorikan mengkhawatirkan, baik berupa korban bullying verbal maupun nonverbal, teknik empty chair difokuskan untuk proses penyembuhan bagi korban bullying, teknik empty chair dilakukan dengan 4 pertrmuan dengan 5 langkah dan hasil setelah dilakukan teknik empty chair korban berubah kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok; Empty Chair; Bullying
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Riska Riska Heri Srioja
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:50
Last Modified: 16 Oct 2024 03:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100360

Actions (login required)

View Item View Item