Agustinawati, Siti Fauziah (2024) Pengaruh manajemen kurikulum terhadap kompetensi profesional Guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
Abstract
Guru menempati posisi yang sangat penting dan menjadi komponen utama dalam suksesnya penyelenggaraan kurikulum di satuan pendidikan. Kompetensi profesional guru ialah salah satu kompetensi yang harus di miliki oleh tenaga pendidik, berhasil atau tidak nya pendidikan ada pada berbagai komponen dalam proses guru, salah satu nya adalah komponen kurikulum. Maka dari itu kompetensi profesional guru memiliki peran guna mewujudkan pembelajaran yang tercantum dalam manajemen kurikulum juga membantu mewujudkan pendidikan yang berkualitas serta meningkatkan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan manajemen kurikulum di MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung, 2) Mendeskripsikan kompetensi profesional guru di MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung, 3) Menganalisis pengaruh manajemen kurikulum terhadap kompetensi profesional guru di MTs Ar- Rosyidiyah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian yaitu metode ex post facto. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket/kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 31 guru. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis statistik (analisis parsial indikator), analisis korelasi (uji normalitas dan linearitas), uji hipotesis (uji regresi linear sederhana dan uji koefesien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel (X) manajemen kurikulum di madrasah tersebut bernilai 4,6 yang termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, artinya manajemen kurikulum dilaksanakan secara efektif di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah Kota Bandung, dengan mengimplementasikan manajemen kurikulum berdasarkan 4 indikator manajemen kurikulum. Kemudian hasil realitas variabel (Y) kompetensi profesional guru menunjukkan nilai sebesar 4,5 yang termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, artinya adanya hasil atau kompetensi professional guru yang memiliki sikap positif di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian koefesien determinasi (R square), diperoleh nilai 0,208, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (manajemen kurikulum) terhadap variabel terikat (kompetensi profesional guru) yaitu sebesar 20,8% sedangkan 79,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti seperti, kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, keterampilan komunikasi, motivasi dan komitmen, ketersediaan sumber daya, lingkungan kerja, sarana dan prasarana, dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum; Kompetensi Profesional; Guru |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Fauziah Agustinawati |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 07:43 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100395 |
Actions (login required)
View Item |