Nuraeni, Ane (2024) Pengembangan instrumen penilaian model PISA dengan menggunakan media Google Form untuk mengukur literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan untuk terlibat dengan isu-isu yang terkait dengan sains dan ide-ide sains agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian model PISA dengan menggunakan media google form untuk mengukur literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D. Terdapat empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis ujung depan untuk menetapkan dan merumuskan masalah, analisis peserta didik, dan analisis konsep. Tahap perancangan terdiri dari penyusunan kisi-kisi soal, pemilihan media, dan pembuatan rancangan awal instrumen. Tahap pengembangan merupakan tahap validasi instrumen penilaian oleh ahli. Tahap terakhir yaitu tahap penyebaran, dalam hal ini instrumen yang telah divalidasi oleh ahli diujicobakan kepada peserta didik untuk dianalisis dan mengetahui profil literasi sains peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan instrumen, instrumen yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan reliabilitas instrumen yaitu sebesar 0,78 dengan reliabilitas tinggi. Tingkat literasi sains peserta didik bervariasi, dari jumlah keseluruhan 63 peserta didik, terdapat 10% peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, 5% peserta didik berada pada kategori tinggi, 6% peserta didik berada pada kategori sedang, dan 79% peserta didik berada pada kategori sangat rendah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian; PISA; literasi sains |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ane Nuraeni |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:13 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100869 |
Actions (login required)
View Item |