Pengembangan instrumen penilaian model PISA dengan menggunakan media Google Form untuk mengukur literasi sains peserta didik

Nuraeni, Ane (2024) Pengembangan instrumen penilaian model PISA dengan menggunakan media Google Form untuk mengukur literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan untuk terlibat dengan isu-isu yang terkait dengan sains dan ide-ide sains agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian model PISA dengan menggunakan media google form untuk mengukur literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D. Terdapat empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis ujung depan untuk menetapkan dan merumuskan masalah, analisis peserta didik, dan analisis konsep. Tahap perancangan terdiri dari penyusunan kisi-kisi soal, pemilihan media, dan pembuatan rancangan awal instrumen. Tahap pengembangan merupakan tahap validasi instrumen penilaian oleh ahli. Tahap terakhir yaitu tahap penyebaran, dalam hal ini instrumen yang telah divalidasi oleh ahli diujicobakan kepada peserta didik untuk dianalisis dan mengetahui profil literasi sains peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan instrumen, instrumen yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan reliabilitas instrumen yaitu sebesar 0,78 dengan reliabilitas tinggi. Tingkat literasi sains peserta didik bervariasi, dari jumlah keseluruhan 63 peserta didik, terdapat 10% peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, 5% peserta didik berada pada kategori tinggi, 6% peserta didik berada pada kategori sedang, dan 79% peserta didik berada pada kategori sangat rendah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian; PISA; literasi sains
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ane Nuraeni
Date Deposited: 30 Oct 2024 06:13
Last Modified: 30 Oct 2024 06:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100869

Actions (login required)

View Item View Item