Mulyadi, Dedi (2002) Metode bimbingan dan penyuluhan terhadap anak menurut Al-Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bimbingan dan penyuluhan sangat penting peranannya dalam upaya proses pemberian bantuan terhadap masalah yang dihadapi orang tua Bimbingan dan penyuluhan tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, akan tetapi anak-anakpun membutuhkan bimbingan dalam memecahkan masalahnya Dewasa ini para orang tua dituntut untuk memiliki pengetahuan yang memadai untuk mendidik anak-anaknya, karena tanpa pengetahuan yang memadai tidak akan berhasil dalam mendidik anak- anaknya, karena pada saat ini sering menghadapi berbagai tantangan Upaya bimbingan dan penyuluhan tersebut menuntut orang tua untuk memiliki kemampuan pengetahuan pendidikan, memiliki kepribadian yang luhur yang dapat dijadikan tauladan oleh anak-anaknya Selain itu, orang tua harus mengetahui metode yang akan digunakan dalam bimbingan terhadap anaknya Dan dalam menerapkan metode tersebut harus berlandaskan dengan apa yang ditawarkan dalam Al-Qur'an. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Tafsir Maudhu'y yaitu menghimpun ayat-ayat Al-Qur'an yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama dalam arti sama-sama membicarakan satu topik masalah dan menyusunnya berdasarkan kronologi serta turunnya ayat tersebut, kemudian memberikan keterangan dan penjelasan menurut kerangka pembahasan sehingga melahirkan konsep yang utuh. Tujuan yang hendak dicapai dalam penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui metode bimbingan penyuluhan dan penerapan metode bimbingan penyuluhan terhadap anak menurut Al-Qur'an. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa Al-Qur'an menawarkan metode bimbingan terhadap anak bagi setiap orang tua, metode tersebut dicontohkan Al- Qur'an tentang Luqmanul Hakim terhadap anak-anaknya yang dapat dijadikan bukti dalam melaksanakan bimbingan terhadap anak-anaknya Disamping itu untuk menerapkan metode tersebut perlu adanya kriteria bagi orang tua dalam membimbing anak-anaknya Kriteria ini dimaksudkan agar orang tua mengetahui kondisi kepribadian anak sehingga anak akan mudah dididik dan menjadi anak shaleh yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Al-Qur'an sebagai kitab ummat Islam menawarkan metode bimbingan dan penyuluhan bagi setiap orang tua terhadap anak-anaknya. Metode tersebut yaitu Metode Hiwar, Metode Amtsal, Metode Pembiasaan dan Pengamalan, Metode Ibrah dan Mauidhah, Metode Taghrib dan Tarhib. Adapun penerapan metode bimbingan yang ditawarkan Al-Qur'an adalah sebagai berikut Dasar-dasar pendidikan dengan keteladanan, dasar pendidikan dengan adat kebiasaan, dasar pendidikan dengan nasehat, dasar pendidikan dengan perhatian, dasar pendidikan dengan hukuman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode; Bimbingan dan Penyuluhan; Al-qur'an; Anak |
Subjects: | Islam > Sources of Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 07:50 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100965 |
Actions (login required)
View Item |