A'lim, Athiyyah Nurul (2024) Pengembangan multimedia pembelajaran pada materi pemisahan campuran dengan metode distilasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan desain, menganalisis hasil uji validasi dan uji kelayakan, mendeskripsikan tampilan multimedia pembelajaran pada materi pemisahan campuran dengan metode distilasi. Metode yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelentation, Evaluation), namun penelitian ini hanya mencakup tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan meliputi flowchart, storyboard, lembar uji validasi, dan lembar uji kelayakan. Tampilan multimedia distilasi mencakup halaman utama, menu, petunjuk penggunaan, profil pengembang, kompetensi dasar, materi, latihan, kesimpulan, refleksi, dan daftar pustaka. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi pada aspek isi materi, perangkat soal, media, serta pemakaian kata dan bahasa diperoleh masing-masing sebesar 0,76; 0,73; 0,78; 0,76 dan secara keseluruhan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,76, sehingga dinyatakan valid dengan interpretasi cukup tinggi. Uji kelayakan kepada 15 mahasiswa pendidikan kimia yang telah menyelesaikan mata kuliah kimia organik I. Rata-rata nilai hasil uji kelayakan dari semua aspek yaitu pemograman, isi, dan tampilan masing-masing 89%; 93,56%; 88,53% dengan, nilai akhir 90,36%. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia; Pemisahan Campuran; Distilasi; Media Pembelajaran; Model ADDIE |
Subjects: | Special Computer Methods > Multimedia Systems Organic Chemistry Techniques and Procedures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Athiyyah Nurul A'lim |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 06:59 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101202 |
Actions (login required)
View Item |