Pengembangan multimedia pembelajaran pada materi pemisahan campuran dengan metode distilasi

A'lim, Athiyyah Nurul (2024) Pengembangan multimedia pembelajaran pada materi pemisahan campuran dengan metode distilasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan desain, menganalisis hasil uji validasi dan uji kelayakan, mendeskripsikan tampilan multimedia pembelajaran pada materi pemisahan campuran dengan metode distilasi. Metode yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelentation, Evaluation), namun penelitian ini hanya mencakup tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan meliputi flowchart, storyboard, lembar uji validasi, dan lembar uji kelayakan. Tampilan multimedia distilasi mencakup halaman utama, menu, petunjuk penggunaan, profil pengembang, kompetensi dasar, materi, latihan, kesimpulan, refleksi, dan daftar pustaka. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi pada aspek isi materi, perangkat soal, media, serta pemakaian kata dan bahasa diperoleh masing-masing sebesar 0,76; 0,73; 0,78; 0,76 dan secara keseluruhan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,76, sehingga dinyatakan valid dengan interpretasi cukup tinggi. Uji kelayakan kepada 15 mahasiswa pendidikan kimia yang telah menyelesaikan mata kuliah kimia organik I. Rata-rata nilai hasil uji kelayakan dari semua aspek yaitu pemograman, isi, dan tampilan masing-masing 89%; 93,56%; 88,53% dengan, nilai akhir 90,36%. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Multimedia; Pemisahan Campuran; Distilasi; Media Pembelajaran; Model ADDIE
Subjects: Special Computer Methods > Multimedia Systems
Organic Chemistry
Techniques and Procedures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Athiyyah Nurul A'lim
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:59
Last Modified: 12 Nov 2024 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101202

Actions (login required)

View Item View Item