Wahidah, Nur Malia (2024) Penerapan model Problem Based Learning berbantuan moodle untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI pada materi GLB dan GLBB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (657kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Moodle terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi GLB dan GLBB; (2) Peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Moodle pada materi GLB dan GLBB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (percobaan semu) dengan jumlah sampel 33 orang untuk kelas eksperimen dan 33 orang untuk kelas kontrol dengan menggunakan desain penelitian Pre-test Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 5 Cilegon. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive yaitu sampel diambil berdasarkan kriteria peserta didik yang belum menerima materi GLB dan GLBB serta peserta didik yang belum melaksanakan praktikum GLB dan GLBB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Moodle memperoleh persentase rata-rata sebesar 87% dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning memperoleh persentase rata-rata sebesar 84%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test melalui software SPSS 24 menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < sig (0,05) dapat dikatakan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik secara signifikan yang menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Moodle sebagai kelas eksperimen dan model Discovery Learning sebagai kelas kontrol pada materi GLB dan GLBB.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Keterampilan Pemecahan Masalah; Moodle; Problem Based Learning |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Malia Wahidah - |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 06:40 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101317 |
Actions (login required)
View Item |