Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di Sdn Sampora Bogor

khatami, iqbal (2024) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di Sdn Sampora Bogor. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Penilitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya elemen-elemen khususnya dalam Lembaga Pendidikan yang kurang sadar akan perannya sebagai lembaga Pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari fenomena-fenomena yang terjadi hari ini seperti kurangnya efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Sampora Bogor. 2) Implementasi program kegiatan pembelajaran menggunakan media gambar yang diupayakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Sampora Bogor. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Sampora Bogor. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dapat ditingkatkan oleh penggunaan mixed method research dengan berbagai media pembelajaran antara lain dari media gambar, oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan mixed method research, Adapun metodenya menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa menggunakan media gambar dalam mata pelajaran PAI di SDN Sampora Bogor. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan media gambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Sampora Bogor. 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar di SDN Sampora Bogor menunjukan peningkatan dengan memanfaatkan media gambar siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran PAI. 3) Penggunaan media gambar terbukti efektif dalam pembelajaran PAI di SDN Sampora Bogor. Dengan demikian dari kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media gambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Sampora Bogor. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan media gambar sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang berbeda atau pada tingkat pendidikan yang berbeda untuk menguji efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kustandi; Cecep dan Bambang Sutjipto (2013); Media Pembelajaran Manual dan ​Digital Bogor: Ghalia Indonesia
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: iqbal khatami nurfadlillah
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:40
Last Modified: 12 Nov 2024 07:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101461

Actions (login required)

View Item View Item