Chatbot menggunakan algoritma bert pada fitur chat layanan pendidikan

Rakasiwi, Dio (2024) Chatbot menggunakan algoritma bert pada fitur chat layanan pendidikan. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma BERT (Biderectional Encoder Representation from Transformers) dalam pembangunan chatbot layanan pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyediakan sarana yang memudahkan orang tua wali murid dalam mendapatkan informasi pendidikan di Yayaasan Thariqul-Jannah. Metode BERT digunakan Dalam model pembelajaran chatbot, proses nya melibatkan beberapa langkah, termasuk pengumpulan dataset, pemeriksaan kualitas data, preprocessing menggunakan teknik Natural Lenguage Processing (NLP) seperti string convertion, case folding, tokenizing, converting dan stemming. Setelah preprocessing, model BERT dilatih dengan variasi hyperparameter. Tiga skenario dengan variasi hyperparameter, dan skenario ketiga menunjukkan hasil terbaik dengan total akurasi mencapai 96.55% dan total loss mencapai 0.048. Model skenario ketiga kemudian digunakan untuk membangun aplikasi chatbot yang terintegrasi dengan API Telegram. Pengujian akhir dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada bot Telegram yang terintegrasi. Bot Telegram memberikan respon yang sesuai dengan permintaan layanan pendidikan di yayasan ThariqulJannah. Dengan demikian, penelitian ini berhasil menyediakan solusi untuk memudahkan calon orang tua wali murid dalam mendapatkan informasi di Yayasan Thariqul-Jannah dengan lebih mudah, akurat dan instan melalui chatbot yang dapat diakses melalui platform Telegram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Chatbot; Layanan; pendidikan,; Bert; ((Biderectional; Encoder; Representation; from; Transformers),; Natural; Language; Processing; (NLP).;
Subjects: Data Processing, Computer Science > General Publications
Special Computer Methods > Artificial Intelligence
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Dio Rakasiwi
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:46
Last Modified: 14 Nov 2024 03:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101514

Actions (login required)

View Item View Item