Sari, Wita Puspita (2024) Penggunaan Smartphone oleh remaja usia sekolah dalam kehidupan sehari-hari: Studi Siswa SMPN 3 Sukamakmur di Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
Abstract
. Skripsi ini mengkaji penggunaan smartphone oleh remaja usia sekolah dalam kehidupan sehari-hari, dengan fokus pada siswa SMPN 3 Sukamakmur di Kabupaten Bogor. Smartphone telah menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari remaja, tidak hanya sebagai media pembelajaran, hiburan, dan sarana sosialisasi digital. Dengan teori Use and Gratification sebagai kerangka teoritisnya, yang menyatakan bahwa individu secara aktif memilih media untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola penggunaan smartphone, alasan penggunaan, serta dampak yang dialami oleh siswa SMPN 3 Sukamakmur dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan dan wawancara semi terstruktur dengan siswa SMPN 3 Sukamakmur yang berjumlah delapan belas orang melalui purposive sampling.Teknik analisis data menggunakan metode analisis fenomenologi, untuk mengamati dan mengumpulkan data dari informan yang telah diwawancarai yang kemudian disajikan dalam bentuk deskripsi. Tahapan analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan, terutama dalam mengakses informasi, menjalin komunikasi dengan teman-teman, mencari hiburan, dan membangun identitas diri mereka di lingkungan sosial. Faktor utama yang mendorong penggunaan smartphone di kalangan siswa adalah keinginan untuk terhubung dengan komunitas sosial mereka, kebutuhan akan informasi cepat, serta hiburan yang tersedia secara instan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi dampak positif dari penggunaan smartphone, termasuk peningkatan belajar daring, tetapi dampak negatifnya berupa adanya risiko ketergantungan dan penurunan kualitas interaksi sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi para pendidik, orang tua, serta pembuat kebijakan dalam mengelola penggunaan smartphone di kalangan remaja untuk memanfaatkan smartphone secara lebih bertanggung jawab dan sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa mengabaikan dampak negatif yang mungkin terjadi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Smartphone; Remaja; Kehidupan Sehari-hari; Teori Use and Gratification |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | wita puspita sari |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 08:24 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 08:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101960 |
Actions (login required)
View Item |