Kulsum, Fitriani (2024) Pengembangan desain pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5. BAB 1.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
6. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text (BAB III)
7. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (BAB IV)
8. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
||
Text (BAB V)
9. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
lampiran1.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan kelayakan desain pembelajaran STEM berbasis proyek, 2). Menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, 3). Menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis, 4). Menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis berpikir kreatif, 5). Menganalisis hubungan antara keterlaksanaan pembelajaran STEM berbasis proyek dengan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model 3D (Define, Design, dan Develop) dalam pengembangan terbatas. Sampel penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kelas VII B di SMP IT Al-Musyarrofah Cianjur. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi, Student Activity Sheet (SAS), pretest dan posttest, serta penilaian produk. Penelitian studi pendahuluan, penyusunan instrumen desain pembelajaran STEM berbasis proyek, validasi, pengembangan melalui uji coba terbatas, dan implementasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Kelayakan desain pembelajaran diperoleh dari rata-rata nilai validator yaitu 97,1 kriteria sangat praktis, 2). Penerapan desain pembelajaran STEM berbasis proyek berjalan efektif dengan rata-rata nilai 81,3, 3). Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan nilai N-Gain sebesar 0,51 kategori sedang, 4). Keterampilan berpikir kreatif peserta didik tergolong baik dengan rata-rata nilai 88,9, dan 5). Terdapat hubungan antara keterlaksanaan pembelajaran STEM berbasis proyek dengan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik nilai R Square sebesar 0,833 atau 83,3%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain Pembelajaran; Keterampilan berpikir kreatif; Keterampilan berpikir kritis; STEM berbasis proyek |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Physics |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Kulsum Fitriani |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 07:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 07:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103438 |
Actions (login required)
View Item |