Ibadullah, Hafiz Hasbi (2024) Evaluasi layanan bimbingan konseling pada siswa yang terindikasi mengalami Borderline Personality Disorder: Penelitian di SMKN 1 Cilengkrang Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (640kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran (13).pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya temuan gangguan borderline personality disorder pada seorang siswa perempuan di SMKN 1 Cilengkrang. Kemudian ada upaya pemberian layanan bimbingan konseling oleh guru BK dan menghasilkan suatu dampak perubahan ke arah yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perencanaan layanan bimbingan konseling pada siswa yang terindikasi mengalami BPD, pelaksanaan layanan bimbingan konseling pada siswa yang terindikasi mengalami BPD dan menganalisis dampak dari pelaksanaan layanan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru BK pada siswa yang terindikasi mengalami BPD. Model evaluasi goal free evaluation merupakan model evaluasi yang berfokus pada dampak yang dihasilkan dari suatu kegiatan atau program, bukan pada tujuan spesifik yang ditetapkan pada saat perencanaan suatu kegiatan atau program. Namun demikian, tetap memperhatikan tujuan secara umum dari suatu kegiatan atau program. Penelusuran mengenai dampak yang dihasilkan ini berdasarkan pada proses identifikasi hal-hal yang terjadi, baik hal yang diharapkan atau tidak diharapkan. Bimbingan konseling merupakan suatu bantuan yang diberikan oleh seorang konselor pada konseli dengan maksud dan tujuan untuk memberikan bantuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dialami oleh konseli, untuk membantu konseli agar mengembangkan potensi yang ada pada dirinya sehingga proses kehidupan tidak terhalang oleh suatu hambatan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Data penelitian bukan dalam bentuk statistik atau angka, melainkan dalam bentuk deskripsi. Alasan pendekatan dan metode ini dipilih yakni agar menjelaskan temuan penelitian secara jelas dan gamblang dan digali lebih dalam sehingga menjelaskan temuan data pada objek penelitian. Penelitian ini memperoleh hasil mengenai perencanaan, pelaksanaan dan dampak yang dihasilkan dari pelaksanaan layanan bimbingan konseling pada siswa yang terindikasi mengalami borderline personality disorder. Pelaksanaan layanan bimbingan konseling pada siswa yang terindikasi mengalami borderline personality disorder ini dilakukan evaluasi menggunakan konsep goal-free evaluation untuk mengetahui dampak yang dihasilkannya. Berdasarkan temuan penelitian, layanan bimbingan konseling pada siswa yang terindikasi mengalami BPD dapat dilakukan menggunakan bimbingan konseling eklektik. Bimbingan konseling eklektik dapat lebih menjangkau kondisi konseli, karena pada prakteknya menggunakan beberapa pendekatan dan metode bimbingan konseling sehingga akan lebih efektif diaplikasikan pada seseorang yang terindikasi mengalami Borderline Personality Disorder.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; Bimbingan konseling; Borderline Personality Disorder |
Subjects: | Psychology Social Welfare, Problems and Services Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Hafiz Hasbi Ibadullah |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 01:34 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |