Motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur'an hubungannya dengan kemampuan Tahqiq mereka: Penelitian pada peserta didik kelas IX di SMPN 2 Cileunyi

Nurbaeti, Annis (2025) Motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur'an hubungannya dengan kemampuan Tahqiq mereka: Penelitian pada peserta didik kelas IX di SMPN 2 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Annis Nurbaeti - Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa di SMPN 2 Cileunyi terdapat program pembiasaan yaitu kegiatan membaca Al-Qur’an yang dilakukan secara rutin oleh peserta didik setiap pagi di hari selasa dan kamis. Namun dengan adanya kegiatan ini ternyata tidak sedikit dari peserta didik yang masih belum optimal dalam membaca Al-Qur’an, seperti belum bisa melafalkan huruf hijaiyah dengan baik, belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, dan belum menerapkan kaidah tajwid saat membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an, 2) kemampuan tahqiq peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, dan 3) motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an hubungannya dengan kemampuan tahqiq mereka. Berdasarkan teori yang digunakan, motivasi memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan tahqiq yakni cara membaca Al-Qur’an dengan tempo pelan dan benar sesuai kaidah tajwid. Motivasi sebagai pendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu seperti mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tahqiq adalah faktor internal salah satunya yaitu motivasi dari dalam diri peserta didik dan faktor eksternal. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an hubungannya dengan kemampuan tahqiq mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik dengan metode korelasi. Sumber penelitiannya adalah peserta didik kelas IX di SMPN 2 Cileunyi, dengan populasi sebanyak 378 peserta didik dan diambil 38 peserta didik sebagai sampel penelitian. Tempat dan waktu penelitian di SMPN 2 Cileunyi mulai dari bulan September sampai Oktober 2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, angket, wawancara, tes, dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis parsial, analisis regresi, analisis korelasi, uji hipotesis, dan derajat pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an di kelas IX SMPN 2 Cileunyi termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 3,93 berada dalam interval 3,40 – 4,19. 2) Kemampuan tahqiq peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di kelas IX SMPN 2 Cileunyi termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 77,05 berada dalam interval 70 – 79. 3) Motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an hubungannya dengan kemampuan tahqiq mereka di kelas IX SMPN 2 Cileunyi termasuk pada kategori rendah. Hal ini berdasarkan pada perhitungan analisis koefisien korelasi sebesar 0,29 berada dalam interval 0,21 – 0,40. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel atau 1,81 > 1,69 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat hubungan antara motivasi peserta didik mengikuti kegiatan membaca Al-Qur’an dengan kemampuan tahqiq mereka. Adapun pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 8% dan sisanya 92% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Kegiatan Membaca Al-Qur’an; Kemampuan Tahqiq
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annis Nurbaeti
Date Deposited: 20 Jan 2025 00:38
Last Modified: 20 Jan 2025 00:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103556

Actions (login required)

View Item View Item