Fauziyah, Helmiyatunnisa (2024) Manajemen layanan konseling menggunakan pendekatan behaviorisme dalam membentuk karakter baik siswa: Penelitian di Sekolah Dasar Plus Bakti Nusantara 666. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
Abstract
Manajemen Layanan Konseling Menggunakan Pendekatan Behaviorisme Dalam Membentuk Karakter Baik Siswa (Penelitian di Sekolah Dasar Plus Bakti Nusantara 666). Penyelenggaraan pendidikan di sekolah bukan hanya melakukan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga harus dilengkapi pembentukan karakter baik peserta didik dalam mengembangkan kemampuan diri mengambil keputusan untuk mencapai tujuannya. Salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut, maka diselenggarakan layanan Bimbingan Konseling (BK) di setiap sekolah. Layanan konseling di sekolah pada saat ini, akhirnya menjadi bagian inti bagi pendidikan karakter baik siswa. Dengan berbagai strategi pelayanannya, masing-masing sekolah berupaya mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai kemandirian, untuk masa depan mereka. Untuk mendukung implementasi pendidikan karakter baik siswa, Sekolah Dasar Plus Bakti Nusantara 666 di Bandung, sedang menerapkan manajemen layanan konseling dengan pendekatan behaviorisme, sesuai dengan visi dan misi yang menjadi tujuan sekolah tersebut. Untuk mengetahui lebih detil bagaimana implementasi layanan konseling dengan menggunakan pendekatan behaviorisme di sekolah tersebut, peneliti memfokuskan objek kajiannya pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta keberhasilannya. Metode penelitiannya bersifat kualitatif deskriptif, dengan langkah-langkah pengamatan mendalam, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Pendekatan behaviorisme dalam layanan konseling di Sekolah Dasar Plus Bakti Nusantara 666 telah diterapkan dengan perencanaan yang matang dan terstruktur. Implementasinya melalui sistem token economy (hadiah) siswa pada setiap kali menunjukkan perilaku baik yang diinginkan, sehingga terus memotivasi siswa untuk terus berperilaku baik. Teknik penguatan intermiten dan jadwal variabel juga diterapkan untuk memperkuat perilaku baik secara berkelanjutan. Pelaksanaan pendekatannya melibatkan kolaborasi erat antara narasumber bimbingan konseling dan narasumber kelas, serta keterlibatan aktif orang tua melalui pertemuan rutin, workshop, dan pelatihan serta dengan penggunaan aplikasi dan perangkat lunak khusus untuk mencatat dan memonitor perilaku siswa. Evaluasi berkala menunjukkan bahwa pendekatan behaviorisme ini berhasil dalam membentuk karakter baik siswa dengan peningkatan signifikan dalam disiplin, tanggung jawab, dan interaksi sosial positif. Keberhasilan pendekatan ini terlihat dari penurunan insiden perilaku negatif dan peningkatan dalam perilaku positif siswa baik di sekolah maupun di rumah. Dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan yang matang, pendekatan behaviorisme dapat terus memberikan hasil yang positif dalam pengembangan karakter siswa di Sekolah Dasar Plus Bakti Nusantara 666. Dengan demikian peranan bimbingan dan konseling dalam mengoptimalkan pencapaian tujuan pendidikan dapat terlaksana sebagaimana mestinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Layanan Konseling; Bimbingan Konseling; Behaviorisme; Karakter Baik |
Subjects: | Social Welfare, Problems and Services Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | helmi yatunnisa fauziyah |
Date Deposited: | 29 Jan 2025 23:27 |
Last Modified: | 29 Jan 2025 23:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103788 |
Actions (login required)
View Item |