Triswandi, Ahmad Abdurrohman (2025) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK0302.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media audio visual yang dianggap dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Namun disisi lain ada beberapa kelas yang tidak menggunakan media audio visual. Harapan guru terkait pengguanaan media audio visual agar motivasi belajar siswa tinggi. \ Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 13 Bandung. 2) Mengetahui motivasi belajar siswa. 3) Mengetahui pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar di kelas VIII SMPN 13 Bandung. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa Media pembelajaran audio visual mengarahkan untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan memberikan rangsangan berupa gambar bergerak dan suara, serta menyampaikan pesan untuk mempengaruhi sikap dan emosi termasuk motivasi belajar. Setiap individu memliki kepribadian dan karakteristik yang berbeda dalam proses pembelajaran. Sehingga guru perlu menggunakan stimulus untuk meningkatkan motivasi peserta didik dengan metode baru yang menjadi peran bagi para guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Uji Paired Sample T-Test, Uji Homogenitas, Uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran PAI yang sebelumnya disampaikan secara konvensional melalui ceramah dan buku teks kini disajikan dengan dukungan visual dan audio yang menarik. Adapun tahapan dalam penggunaan media audio visual yaitu; Perencanaan, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi dan Revisi. 2) Motivasi belajar siswa setelah diterpkan media audio visual berada pada gategori baik 3) Jika dilihat dari tabel statistic diperoleh perbedaan rata-rata yang menggunakan media audio visual yaitu 80,35 dan yang menggunakan media lain 78,58.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Education, Research Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Abdurrohman Triswandi |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 04:09 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 04:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103799 |
Actions (login required)
View Item |