Pengembangan bahan ajar “Local Potential Fermented Product” (LPFP) berbasis STREAM untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan pemecahan masalah

Al Zahro, Rd Indah Rofi'ah (2025) Pengembangan bahan ajar “Local Potential Fermented Product” (LPFP) berbasis STREAM untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan pemecahan masalah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (901kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran IPA berbasis STREAM yang dirancang khusus untuk membantu peserta didik memahami konsep fermentasi dan merancang eksperimen pembuatan produk fermentasi secara efektif. Tujuan penelitian dilakukan untuk membuat inovasi bahan ajar "local potential fermented products" (LPFP) berbasis STREAM untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan literasi halal, menaganalisis kelayakan bahan ajar, menganalisis keterlaksanaan, peningktan dan respons peserta didik setelah diterapkan dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian R&D menggunakan tahapan three D (3D), yaitu pendefinisian (define), desain (design) dan pengembangan (development). Desain penelitian yang digunakan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dan analisis data dilakukan dengan validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal pretest-posttest dan angket respon peserta didik. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa nilai rata-rata rhitung sebesar 0,85 dinyatakan sangat valid dengan kriteria tinggi serta dapat dilakukan uji coba terbatas terhadap bahan ajar. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar peserta didik memperoleh skor rata-rata keterampilan pemecahan masalah sebesar 91,25 %, sedangkan skor rata-rata literasi halal peserta didik sebesar 90% dengan kriteria baik sekali. Pembelajaran menggunakan bahan ajar "local potential fermented products" (LPFP) terjadi peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan literasi halal peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori sedang. Peserta didik merasakan relevansi bahan ajar dengan kehidupan sehari-hari dan mudah dipahami dengan nilai respon peserta didik sebesar 0,91 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Local potential fermented product; STREAM; Keterampilan pemecahan masalah dan Literasi halal
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Technology, Applied Sciences
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rd. Indah Rofi'ah Al-Zahro
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:57
Last Modified: 31 Jan 2025 03:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103900

Actions (login required)

View Item View Item