Ramadhansya, Hadisto Herodzikran (2024) Aktivitas pengelolaan Digital Public Relations pada akun Instagram @lazatto.id: Studi deskriptif kualitatif pada merek usaha Lazatto Chicken & Burger. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (219kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Digital Public Relations merupakan bentuk dari strategi komunikasi modern dalam era digital, dimana cara-cara penyampaian pesan dan informasi yang sebelumnya dilakukan secara konvensional mulai beralih kepada pemanfaatan internet dan media digital. Dalam dunia bisnis, Digital Public Relations dipandang sebagai komponen strategis yang mendukung pemasaran digital karena kemudahan akses, kecepatan, dan kemampuan menjangkau audiens yang lebih luas. Lazatto menjadi salah satu merek usaha yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai sarana komunikasi digital untuk membangun citra merek, mempromosikan produk, dan menjalin interaksi dengan audiens. Aktivitas digital public relations yang diterapkan oleh lazatto ini mendukung adanya ketercapaian dalam strategi penyebaran informasi serta membangun identitas merek yang kuat dan meningkatkan keterlibatan publik pada aktivitas yang dijalankan oleh Lazatto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Aktivitas Digital Public Relations yang dilakukan oleh merek usaha Lazatto melalui penggunaan media sosial Instagram pada akun @lazatto.id dengan berdasar pada penerapan model dari The Circular Model of Some yang dikemukakan oleh Regina Luttrell yang mencakup empat tahap diantaranya ialah Share, Optimize, Manage, dan Engage. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan paradigma konsturktivisme. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif untuk mendeksripsikan secara rinci penelitian yang dilakukan, serta menggunakan teknik analisis data dan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Digital Public Relations yang dilakukan pada akun Instagram @lazzato.id mencakup beberapa kegiatan pengelolaan yang dilakukan berdasar pada model The Circular Model of Some yang memiliki empat tahapan diantaranya ialah : 1) Tahap Membagikan pesan kepada publik (share) dengan tiga aspek penting yaitu menarik partisipasi, menghubungkan informasi dan publik, membangun kepercayaan. 2) Tahap Optimalisasi pesan (optimize) dengan pengaplikasian berupa menentukan materi konten dan terlibat aktif dalam perbincangan publik. 3) Tahap Mengelola pesan (Manage) secara berkala melalui usaha media monitoring dan Respon cepat realtime interactions. 4) Tahap Melibatkan publik (Engage) kedalam pengelolaan media sosial yang dilakukan melalui bentuk kerjasama dan kolaborasi dengan strategi influence relations. ENGLISH: Digital public relations is a form of modern communication strategies in the digital age, in which traditional methods of message and information delivery have begun to turn to the use of the Internet and digital media. In the business world, digital public relations is viewed asa strategic component supporting digital marketing because it accesses access, speed, and ability to reach wider audiences. Lazatto became one of the corporate brands that used social instagram as a digital means of communication to build brand image, promote products, and interact with audiences. The digital public relations employed by lazatto support results in information deployment strategies and build strong mark identities and increase public involvement in activities carried out by lazatto. The purpose of this study is to find out about public relations digital activities made by the lazatto industrial mark through the use of social media on the @lazatto.id account based on the application of models from the crave model of some advanced by Regina luttrell that includes four stages of share, optimize, manage, and engage. The approach used in this study is a qualitative approach and a consturktivism paradigm. The methods used are descriptive methods to decrypt research in detail, and to use data analysis and data collection techniques through passive participation observation, in-depth interviews, and documentation. The results of this research show that digital public relations activity conducted on @lazzato instagram account. Includes some management activities based on the models the models of some which have four stages of: 1) sharing the message with the public (share) is three key aspects of attracting participation, connecting information and public, building trust. 2) Optimize messages (optimize) by applying them by determining content materials and engaging actively in public conversations. 3) Manage messages periodically through media monitoring and rapid response realtime interactions. 4) Engaging public with social media management is undertaken through partnerships and collaboration with covert relations strategies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Public Relations; Instagram Lazatto; The Circular Model of Some |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Hadisto Herodzikran |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:44 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |