Jinan, Giswah Yasminul (2024) Pengaruh permainan Puzzle terhadap perkembangan memori Kognitif Anak : Penelitian Quasi eksperimen kelompok B RA-AL Hayat Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text
1_cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism (1).pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism (1).pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Giswah.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya perkembangan memori kognitif pada anak-anak, terkhusus pada Kelompok B RA Al-Hayat Kabupaten Bandung. Siswa Kelompok B RA Al-Hayat Kabupaten Bandung berfokus pada metode hafalan dalam memberikan stimulasi perkembangan kognitif anak. Proses pembelajaran yang dilakukan tidak memberikan stimulasi pada penyelesaian masalah dan tidak melibatkan permaianan anak sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan memori kognitif anak melalui penggunaan media balok, Mengetahui perkembangan memori kognitif anak melalui penggunaan media puzzle di RA Al-Hayat, Mengetahui pengaruh media puzzle terhadap memori kognitif anak di RA Al-Hayat. Menurut Santrock teori perkembangan memori kognitif menekankan pada tiga tahapan, memori sensori (menyimpan informasi dalam jangka waktu sangat singkat sepersekian detik), memori jangka panjang (menyimpan informasi dalam jangka waktu 30 detik), dan memori jangka panjang (menyimpan memori dalam jangka waktu yang lebih lama dan dapat bertahan secara permanen). Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, untuk melihat permainan yang memberikan pengaruh memori terhadap perkembangan kogntif anak. Penelitian ini bertumpu pada hasil atau pun perolehan dari eksperimen yang pada dasarnya tidak dimungkinkan untuk pengontrolan atau bentuk tindakan manipulatif pada seluruh variabel yang relevan. Permainan puzzle memiliki manfaat positif yang signifikan terhadap perkembangan memori kognitif anak. Perkembangan memori kognitif anak usia dini menggunakan media puzzle pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,5 pada skala 80-100 yang berkategori sangat baik. Perbandingan perkembangan memori kognitif anak usia dini antara menggunakan media puzzle dan media balok di Kelompok B RA Al-Hayat Cileunyi Kabupaten Bandung menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 57,25 yang berkategori kurang dan meningkat pada posttest menjadi 82,5 yang berkategori sangat baik. Maka selisih diketahui sebesar 25,25. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 55,75 yang berkategori kurang dan meningkat pada posttest menjadi 67,75 yang berkategori cukup. Maka selisih diketahui sebesar 12. Selain itu, hasil pada uji t menunjukkan harga thitung = 13,991 > ttabel = 2,101 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perkembangan memori kognitif anak di Kelompok B RA Al-Hayat Cileunyi Kabupaten Bandung terdapat pengaruh dalam penggunaan media puzzle dengan media balok terhadap perkembangan memori kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan; Kognitif; Memori; Anak Usia Dini |
Subjects: | Psychology > Education of Psychology Logic Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Science for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Giswah Yasminul Jinan |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 06:32 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 06:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |