Lutfiani, Evi (2011) Penerapan strategi diagram vee pada praktikum elektrolisis: penelitian kelas pada kelas XII IPA-4 SMAN 1 Majalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrsk.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (44kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Elektrolisis merupakan konsep yang dianggap sulit. Bagi guru kesulitan yang dialami yaitu menggabungkan antara konsep prasyarat dengan konsep elektrolisis itu sendiri, sedangkan bagi siswa, sulit membedakan ruang katoda dan anoda serta sulit membedakan zat mana yang tereduksi dan zat mana yang teroksidasi. Kesulitan yang dialami guru dan siswa tersebut dapat diatasi melalui metode praktikum dengan laporan akhirnya menggunakan strategi Diagram Vee supaya pembelajaran lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan strategi Diagram Vee pada praktikum elektrolisis, mengetahui kemampuan siswa dalam mengisi elemen-elemen Diagram Vee, mengetahui penguasaan konsep siswa setelah praktikum dengan menggunakan strategi Diagram Vee, dan mengetahui tanggapan siswa setelah praktikum elektrolisis menggunakan strategi Diagram Vee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kelas, dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas XII IPA-4 SMAN 1 Majalaya sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi pembelajaran, Lembar kerja siswa (LKS), pre tes dan pos tes, serta angket. Berdasarkan data hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi Diagram Vee dapat diterapkan dengan baik, hal ini terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata setiap pertemuan. Pertemuan pertama nilai rata-rata siswa mencapai 63 dengan kategori cukup, pertemuan kedua mencapai 77 dengan kategori baik, dan pada pertemuan ketiga mencapai 83 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan, siswa mampu membuat dan mengisi semua elemen-elemen yang ada pada Diagram Vee. Nilai paling tinggi adalah elemen objek/kejadian dengan nilai rata-rata sebesar 92 dengan kategori sangat baik, sedangkan nilai paling rendah adalah elemen teori, prinsip, dan konsep dengan nilai rata-rata sebesar 75,67 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pre tes sebesar 48,33 dan pos tes sebesar 77, hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan karena thitung > ttabel yaitu 15,1 > 3,325. Berdasarkan hasil angket, siswa memberikan tanggapan positif karena 83% siswa lebih memahami konsep elektrolisis dengan praktikum, kemudian sebanyak 81% siswa senang menyusun laporan praktikum dengan menggunakan strategi Diagram Vee, dan 94% siswa menyatakan strategi Diagram Vee diperlukan pada setiap praktikum kimia karena dianggap lebih efektif. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini yaitu Diagram Vee mampu membangkitkan motivasi dalam belajar kimia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Diagram Vee; Praktikum Elektrolisis; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 03:19 |
Last Modified: | 26 Nov 2018 05:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
View Item |