Irfan, Muhammad Zidni (2025) Penerapan media lagu untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa di kelas II SDN Cangkuang 02. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
lembar pernyataan karya sendiri (6).pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3 (7).pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (6).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas II SDN Cangkuang 02 dapat di katakan masih rendah, dengan hasil belajar pada saat penilaiain tengah semester ganjil dengan nilai KKM 75, rata-rata nilai Matematika di kelas II yaitu 64 dalam satu kelas, 10 orang yang mencapai KKM sedangkan 27 siswa masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman matematis siswa sebelum penerapan media lagu di kelas II SDN Cangkuang 02, pelaksanaan penerapan media lagu pada setiap siklusnya di kelas II SDN Cangkuang 02, pemahaman matematis siswa sesudah penerapan media lagu di kelas II SDN Cangkuang 02. Peneliti memilih Media Lagu untuk meningkatkan pemahaman matematis Siswa di Kelas II SDN Cangkuang 02. Diharapkan, media ini siswa akan terbawa suasana hatinya ke dalam alunan kata-kata yang ada sehingga siswa mampu memahami sesuai dengan tema lagu yang telah ditentukan. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas. Prosedur penelitian terdiri dari beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa yaitu: perencanaan, tindakan, observais dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan pemahaman matematis siswa kelas II di SDN Cangkuang 02 masih tergolong rendah. Data menunjukkan pada pra siklus hanya 13 siswa yang telah mencapai KKM 75, nilai rata-rata siswa 64,05 dengan persentase 35,14%, sementara 24 siswa lainnya belum mencapai KKM dengan persentase 64,86%. Kemudian pada akhir siklus I data menunjukan bahwa ada 19 siswa yang telah mencapai KKM 75, nilai rata-rata siswa 73,78 dengan persentase 51,35% , sementara siswa 18 lainya belum mencapai KKM dengan persentase 48,65%, pada tindakan I dengan aktivitas guru yang terlaksana 61,11% dan aktivitas siswa yang terlaksana 60,06%, lalu tindakan II dengan aktivitas guru yang terlaksana meningkat menjadi 75% dan aktivitas siswa yang terlaksana meningkat menjadi 66,22%. Kemudian meningkat pada akhir siklus II data menunjukan bahwa ada 30 siswa yang telah mencapai KKM 75, nilai rata-rata siswa 80,54 dengan persentase 81,08%, sementara 7 siswa lainya belum mencapai KKM dengan persentase 18,92%, pada tindakan I dengan aktivitas guru yang terlaksana 86,67% dan aktivitas siswa yang terlaksana 76,49%, kemudian pada tindakan II dengan aktivitas guru yang terlaksana meningkat menjadi 94,44% dan aktivitas siswa yang terlaksana meningkat menjadi 83,33%. Dengan demikian, penerapan media lagu dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media lagu; pemahaman matematis; matematika |
Subjects: | Mathematics General Principles of Music and Musical Form > Music for Specific Media |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | zidni irfan |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 06:32 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 06:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |