Amir, Rokhmatul Istiqomah (2025) Konsep pendidikan karakter perspektif Islam: Analisis terhadap buku pendidikan karakter berperspektif Islam karya Aan Hasanah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN KAREYA SENDIRI)
skpernyataan.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (368kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Download (520kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya isu dalam dunia pendidikan berupa masih banyaknya praktik pelanggaran hukum yang terjadi di kalangan remaja. Permasalahan tersebut merupakan bentuk dari rusaknya pendidikan karakter yang disebabkan oleh pelaksanaan pendidikan yang belum maksimal. Sudah seyogyanya bagi umat Islam dan praktisi pendidikan pada khususnya untuk mengambil banyak peran dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang diselaraskan dengan nilai-nilai syari’at Islam. Sebagaimana yang dilakukan oleh salah satu pemerhati pendidikan yakni Aan Hasanah melalui karyanya yang berjudul Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter dalam tinjauan Islam serta mengetahui gambaran umum buku Pendidikan Karakter Berperspektif Islam karya Aan Hasanah terkhusus dalam lingkup bahasan konsep dasar pendidikan karakter. Menurut Al-Qardawi, konsep pendidikan karakter dalam Islam adalah upaya untuk mendidik individu agar memiliki akhlak yang baik. Pendidikan karakter Islam diupayakan dalam rangka menyempurnakan akhlak dan meningkatkan kualitas spiritual individu yang tidak hanya berorientasi pada aspek intelektual, akan tetapi juga harus mengembangkan akhlak dan perilaku yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan model library research yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara yang kemudian dilakukan analisis menggunakan metode content analysis. Berdasarkan hasil analisis terhadap buku Pendidikan Karakter Berperspektif Islam menunjukan bahwasanya pendidikan karakter merupakan upaya yang dirancang dengan tujuan membantu peserta didik memahami nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan, lingkungan dan kebangsaan yang diimplementasikan dalam kehidupan. Nilai pendidikan karakter terdiri dari enam poin yakni keimanan, kewarganegaraan, kepedulian, kejujuran, keberanian dan tanggungjawab. Prinsi pendidikan karakter tersaji dalam dua sudut pandang tokoh yakni Timoty Rusnak dan Thomas Lickona. Dalam hal ini, konsep pendidikan karakter perspektif Islam dalam buku Pendidikan Karakter Berperspektif Islam tidak keseluruhan tersaji dalam bentuk spesifik yang merujuk dalam sudut pandang agama Islam. Akan tetapi hal tersebut masih sejalan dan terintegrasi dengan teori dari tinjauan Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Karakter; Pendidikan Karakter Berperspektif Islam; Aan Hasanah |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters Differential and Developmental Psychology > Character Development Islam Islam > Specific Moral Issues Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rokhmatul Istiqomah Amir |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |