Penerapan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah

Aulia, Yenita Rosa (2025) Penerapan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Yenita Rosa Aulia (1202090105) “Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah”. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA yang masih tergolong pada kategori rendah dengan rata-rata nilai pretest sebesar 33,06 sehingga peserta didik belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Kota Bandung tahun ajaran 2024/ 2025. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dan kelas VC dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum melakukan uji perbedaan rata-rata, terlebih dahulu peneliti melakukan uji normalitas dengan hasil data berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan hasil data berdistribusi homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa: kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) mengalami peningkatan sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model PBL memperoleh peningkatan sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dibagi dua yaitu 0,000. Dengan demikian, 0,000 < 0,05 maka hipotesis ditolak yang berarti perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model PBL.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share; Kemampuan Berpikir Kritis; Ilmu Pengetahuan Alam; Quasi Experiment
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yenita Rosa Aulia
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:37
Last Modified: 22 Apr 2025 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106575

Actions (login required)

View Item View Item