Nurlianty, Mimin (2011) Penerapan model GI (Group Investigation) pada konsep zat adiktif dan psikotropika: penelitian kelas pada siswa kelas VIII MTs Negeri Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), terutama kimia, di SMP/MTs membutuhkan suatu pemahaman yang baik agar peserta didik mempunyai kemampuan untuk mengembangkan rasa ingin tahu. Kurangnya pemahaman siswa dikarenakan peran serta siswa dalam pembelajaran masih didominasi oleh guru, hal ini menyebabkan siswa hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru, tanpa memahami secara jelas konsep yang dipelajari. Banyak upaya yang dilakukan agar dalam pembelajaran kimia siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Alternatif model yang dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model Group Investigation pada konsep zat adiktif dan psikotropika pada siswa kelas VIII A MTs Negeri Kandanghaur Kabupaten Indramayu (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Group Investigation pada konsep zat adiktif dan psikotropika pada siswa kelas VIII A MTs Negeri Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Untuk mengukur hasil belajar siswa, digunakan tes berupa pretes dan postes, sehingga dapat diketahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan pengolahan data hasil penelitian, diperoleh aktivitas rata-rata guru dalam dua kali pertemuan sebesar 85,26 % dan termasuk kategori baik. Begitu pula dengan aktivitas siswa dalam dua pertemuan sebesar 81,81 % dan termasuk dalam kategori baik. Hasil rata-rata pretes siswa sebesar 39,82. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model Group investigation, hasil rata-rata postes siswa secara keseluruhan meningkat menjadi 83,06. Gain yang diperoleh dari hasil pretes dan postes adalah sebesar 43,77. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah dilaksanakannya model Group Investigation. Hasil ini ditunjukkan dari nilai thitung adalah 18,21 dan nilai ttabel adalah 2,04 yang menunjukkan bahwa 18,21>2.04 atau thitung>ttabel, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui keefektifan model Group Investigation, serta dapat mengukur hasil belajar siswa pada konsep zat adiktif dan psikotropika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Zat Adiktif dan Psikotropika; Cooperative Learning tipe Group Investigation; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 03:54 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 04:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1068 |
Actions (login required)
View Item |