Handayani, Hanifah (2025) Penerapan strategi Semantic Mapping berbantuan media Cerita Bergambar untuk meningkatkan penguasaan Kosakata Bahasa Inggris siswa : Penelitian tindakan kelas di kelas V MIN 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
2_abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (283kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan mengenai penguasaan Kosakata Bahasa Inggris siswa, yakni kesulitan menulis kata, pemahaman makna kata, dan penyusunan kalimat dengan benar. Kosakata merupakan dasar pembelajaran Bahasa Inggris, karena tanpa penguasaan kosakata yang memadai, siswa kesulitan memahami teks, menulis, bahkan berbicara dalam Bahasa Inggris. Hasil wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa siswa sering tidak memahami materi yang disampaikan, disebabkan oleh penggunaan strategi dan media pembelajaran yang belum optimal. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris, dibuktikan dari hasil penilaian sumatif menunjukkan bahwa 56% (18 dari 32 siswa) belum mencapai KKTP, yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan Kosakata Bahasa Inggris siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi Semantic Mapping berbantuan media cerita bergambar, serta proses penerapan pada setiap siklusnya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan Kosakata Bahasa Inggris siswa, diketahui rata-rata nilai siswa dari 58 pra siklus, meningkat menjadi 75 siklus I, dan mencapai 87 siklus II. Persentase ketuntasan belajar klasikal juga meningkat dari 47% (15 dari 32 siswa) kategori “cukup” pra siklus menjadi 66% (21 dari 32 siswa) kategori “baik” siklus I, kemudian mencapai 88% (28 dari 32 siswa) kategori “sangat baik” siklus II. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil dan diakhiri pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Semantic Mapping; Cerita Bergambar; Kosakata Bahasa Inggris |
Subjects: | English |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | HANIFAH H HANDAYANI |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:59 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |