Al Fatihah, Aina (2025) Hubungan efikasi diri akademik dengan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar : Penelitian korelasi di SD Rabbani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-AINA AL FATIHAH.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (427kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap hasil belajar, salah satunya adalah efikasi diri akademik. Efikasi diri akademik merupakan keyakinan siswa terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas. Siswa dengan efikasi diri tinggi cenderung lebih semangat, percaya diri, dan tidak mudah menyerah. Di SD Rabbani, ditemukan perbedaan antara siswa yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan yang mudah menyerah, sehingga mendorong peneliti untuk mengkaji hubungan antara efikasi diri akademik dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Tingkat Efikasi Diri Akademik siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS, Tingkat Hasil Belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS, Dan Besar hubungan yang signifikan antara efikasi diri akademik terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasi, karena penelitian ini meneliti hubungan antara efikasi diri akademik dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Rabbani dengan sampel yang gunakan adalah 42 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling dengan metode random sampling, dengan memberikan peluang yang sama kepada peserta didik untuk menjadi anggota sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan mengerjakan tes uraian untuk mengukur hasil belajar siswa.. Hasil dari penelitian, skor rata-rata efikasi diri akademik siswa kelas V SD Rabbani pada pembelajaran IPAS adalah 56,4 yang menunjukkan berada pada kategori tinggi. Dan skor rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Rabbani pada mata pelajaran IPAS adalah 74,1 yang menunjukkan berada pada kategori penilaian baik. Dan untuk menganalisis hubungan antara variabel (X) efikasi diri akademik dan variabel (Y) hasil belajar siswa, dilakukan uji korelasi carl pearson mendapatkan hasil (r) 0,364 dengan tingkat signifikan 0,018. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri akademik dan hasil belajar. Artinya, semakin tinggi tingkat efikasi diri akademik siswa, maka semakin tinggi juga hasil belajar yang mereka dapatkan. Temuan ini mengindikasikan bahwa efikasi diri akademik dapat menjadi faktor peningkatan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian bahwa tingkat efikasi diri akademik siswa kelas V SD Rabbani pada pembelajaran IPAS berkategori tinggi. Tingkat hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS berkategori baik. Hubungan efikasi diri akademik dengan hasil belajar siswa bernilai positif dan signifikan. Dengan besar pengaruh efikasi diri akademik terhadap hasil belajar 13,24% dan sisanya 86,76% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengalaman mereka, dukungan orang-orang terdekat, dan kondisi emosional dan psikologi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri akademik; Hasil belajar; IPAS |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Education > Psychology of Education Natural Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aina Al Fatihah |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:26 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |