Dewi, Fitri Kania (2025) Hubungan motivasi belajar siswa dengan pemahaman konsep (Conceptual Understanding) pada operasi bilangan perkalian kelas III SD Negeri Girimukti. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Form-Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-FITRI KANIA DEWI.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VIV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang terjadi di SD Negeri Girimukti, berdasarkan hasil wawancara kepada beberapa peserta didik dan guru sewaktu penelitian dan observasi sehingga memperoleh informasi bahwa siswa seringkali kurang berantusias dan memperhatikan ketika pembelajaran sedang dilaksanakan, khususnya pada materi operasi bilangan perkalian. Sehingga hal ini membuat peneliti ingin meneliti apakah hal tersebut benar bahwa motivasi belajar dapat meningkatkan pemahaman konsep pada operasi bilangan perkalian. Penelitian ini diperoleh dari 20 orang responden dengan metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi, dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes tertulis. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan inferensial, yang mencakup, 1) uji normalitas, 2) uji linearitas, dan 3) uji korelasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kedua variabel dinyatakan berdistribusi normal dan kedua variabel dinyatakan saling berpengaruh serta memiliki hubungan, tetapi kedua variabel tidak dinyatakan linear. Berdasarkan hasil penelitian ini, menemukan adanya hubungan yang positif antara motivasi belajar siswa dengan pemahaman konsep pada operasi bilangan perkalian kelas III SD Negeri Girimukti. Hubungan yang terdapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi juga terhadap pemahaman konsepnya. Berdasarkan uji korelasi product moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 > 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya antara variabel motivasi belajar dan pemahaman konsep berkorelasi. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,001. Begitupun nilai Correlasion r hitung (0,676) > r tabel (0,467) yang berarti menunjukkan derajat hubungan korelasi kuat karena berada pada nilai koefisien korelasi 0,60 - 0,799 dan memiliki bentuk hubungan yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar; pemahaman konsep; matematika; operasi bilangan |
Subjects: | Elementary Education > Mathematics for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fitri kania Dewi |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:00 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |