Pengaruh Non Performing Financing Gross (NPF Gross) dan Non Performing Financing Net (NPF Net) terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. BCA Syari'ah Periode 2014-2016

Fauziah, Silmi Nur (2018) Pengaruh Non Performing Financing Gross (NPF Gross) dan Non Performing Financing Net (NPF Net) terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. BCA Syari'ah Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
2_cover.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran masyarakat akan lembaga keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah membuat bank syariah kini banyak diminati. Terlebih mayoritas masyarakat indonesia beragama islam. Sebagai sebuah perusahaan, bank juga melakukan berbagai manajemen fungsional sebagaimana dilakukan perusahaan lain, salah satunya adalah manajemen keuangan. Dalam laporan keuangan pelengkap, terdapat perhitungan rasio keuangan salah satunya Rasio Profitabilitas (Profitability Ratio). Rasio ini menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Rasio ini juga memberikan ukuran tingkat efetivitas manejemen suatu perusahaan. Jenis-jenis rasio profitabilitas, salah satunya Return on Assets (ROA). Dalam laporan keuangan perbankan terdapat beberapa istilah, salah satunya Non Performing Financing (NPF). Non Performing Financing (NPF) merupakan jumlah kredit bermasalah yang merupakan salah satu kunci untuk menilai kualitas kinerja bank. Tujuan dari penelitian ini adala untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh dari Non Performing Financing Gross (NPF Gross) dan Non Performing Financing Net (NPF Net) terhadap Return on Asset (ROA) pada PT. BCA Syariah selama periode 2014-2016. Metodologi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, analisis dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah laporan keuangan PT. BCA Syariah Tahun 2014-2016. Dalam penelitian ini terdapat tiga vaiabel yaitu Non Performing Financing Gross (NPF Gross) dan Non Performing Financing Net (NPF Net) sebagai variabel independen dan Return on Asset (ROA) sebagai variabel dependen. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi linear berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (Uji t), dan analisis uji fisher (Uji F). Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh NPF Gross terhadap ROA adalah 0,165 atau 16,5% dan pengaruh NPF Net terhadap ROA adalah 0,0009 atau 0,009% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh NPF Gross dan NPF Net 0,338 atau 33,8% berpengaruh terhadap ROA, sedangkan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa F_hitung adalah 2,293 dan F_tabel sebesar 4,25 dengan signifikansi sebesar 15,7%. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi antara Non Performing Financing Gross (NPF Gross) dan Non Performing Financing Net (NPF Net) terhadap Return on Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing Gross; Non performing Financing Net; Return on Asset; PT.BCA Syariah
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Silmi Nur Fauziah
Date Deposited: 06 Jul 2018 09:36
Last Modified: 06 Jul 2018 09:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10868

Actions (login required)

View Item View Item