Pengaruh Bimbingan Praktik Tilawah terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran: Penelitian terhadap Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Saeful, Ulfa Novianti (2018) Pengaruh Bimbingan Praktik Tilawah terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran: Penelitian terhadap Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Bimbingan Konseling Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Ulfa Novianti Saeful. Pengaruh Bimbingan Praktik Tilawah terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran (Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Bimbingan praktik tilawah merupakan salah satu layanan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa semester tiga sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti kegiatan PPM/Job Training dan menempuh ujian komprehensif. Bimbingan praktik tilawah ini dilaksanakan selama delapan minggu dengan frekuensi pertemuan sebanyak 12 kali pertemuan. Kegiatan bimbingan praktik tilawah meliputi kegiatan pembimbingan baca-tulis dan tahfidh Al-Quran dan hadits berikut simulasi dan penugasan pesan dakwah yang diturunkan dari Al-Quran dan hadits, salah satu materi pokok dalam bimbingan praktik tilawah ini yaitu membaca, menulis, dan menghafal ayat-ayat Al-Quran. Hal tersebut dapat memunculkan masalah, apakah pelaksanaan bimbingan praktik tilawah dapat mempengaruhi motivasi menghafal Al-Quran mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bimbingan praktik tilawah, motivasi menghafal Al-Quran, serta pengaruh bimbingan praktik tilawah terhadap motivasi menghafal Al-Quran mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertolak pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa bimbingan praktik tilawah mempengaruhi motivasi menghafal Al-Quran. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh bimbingan praktik tilawah terhadap motivasi menghafal Al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif asosiastif. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 185 orang dengan sampel 64 responden. Adapun teknik pengumpulan dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, serta analisis koefisien determinasi. Dari hasil penelitian diperoleh pengaruh bimbingan praktik tilawah terhadap motivasi menghafal Al-Quran mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2014 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu sebesar 72,25% dan sisanya sebesar 27,75% dipengaruhi oleh variabel lain. Respon mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2014 terhadap proses pelaksanaan bimbingan praktik tilawah sangat tinggi hal ini disebabkan oleh tata cara atau metode yang dilakukan oleh pembimbing dalam melaksanakan bimbingan. Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Angkatan 2014 memiliki perencanaan dalam aktivitas menghafal Al-Quran, memiliki pencapaian tujuan yang diinginkan, memiliki kesadaran untuk menghafal Al-Quran, menghargai dan menerima pembimbing yang mengajarkan hafalan Al-Quran, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam proses menghafal Al-Quran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Praktik Tilawah; Motivasi Menghafal Al-Quran
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur'an, MTQ
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ulfa Novianti Saeful
Date Deposited: 12 Jul 2018 09:15
Last Modified: 12 Jul 2018 09:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item