Suhartinah, Suhartinah (2018) Peran bimbingan dengan metode diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial anak yatim: studi fenomenologi di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.docx.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
Abstract
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Interaksi merupakan hal yang penting karena manusia hidup dalam dimensi sosial. Kemampuan interaksi sosial yang baik pada anak akan memudahkan dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan baik di lingkungan masyarakat. Namun pada kenyataannya masih banyak anak di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf yang belum mampu melakukan interaksi sosial dengan baik, menjadi alasan utama pentingnya bimbingan dengan metode diskusi diberikan kepada anak agar mereka dapat bergaul dan berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial anak yatim, layanan bimbingan dengan metode diskusi, dan peran bimbingan dengan metode diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial anak yatim di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan memberikan bantuan kepada individu agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan berupa fakta, angka-angka yang kemudian dideskriptifkan dengan memberikan predikat pada hasil prosentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan di pondok pesantren yatim dan dhuafa Al-Kasyaf menggunakan metode diskusi dengan tekhnik public speaking dengan durasi waktu mingguan. Proses interaksi sosial yang terjadi adalah bentuk assosiatif dan dissosiatif. Peran bimbingan dengan metode diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial dengan kategori tinggi (1) kemampuan relationship (2) kemampuan identifikasi masalah (3) kemampuan memfasilitasi perubahan dan (4) evaluasi interaksi sosial dengan rentang persentasi peningkatan 82%-94%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan; Metode Diskusi; Interaksi Sosial |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Suhartinah Suhartinah |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 02:08 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10902 |
Actions (login required)
View Item |