Nugraha, Muhammad Fairuz Arya (2025) Pengaruh manajemen sarana dan prasarana sekolah terhadap minat belajar peserta didik: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
Cover.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIRISM)
Surat keterangan bebas plagiarisme .pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V (5).pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (15).pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (53).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar peserta didik adalah sarana dan prasarana atau fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran. Sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung yang sangat penting dalam dunia pendidikan selain tenaga pendidik. Pendidikan tidak akan pernah bisa berjalan dengan baik tanpa adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana tidak akan dapat terpenuhi tanpa adanya manajemen yang dijalankan dalam lembaga pendidikan yang terkait dan dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan akan berdaya untuk proses pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) manajemen sarana dan prasarana di MTsN se-Kabupaten Karawang, 2) minat belajar peserta didik di MTsN se-Kabupaten Karawang, 3) pengaruh manajemen sarana dan prasrana terhadap minat belajar peserta didik di MTsN se-Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuisioner dengan jumlah responden 98 orang. Anaisis data yang digunakan adalah dengan 1) uji instrument, 2) analisis statistic deskriptif, 3) uji asumsi klasik, dan 4) uji hipotesis. Penelitian ini berfokus pada aspek manajemen sarana dan prasarana dan minat belajar peserta didik di MTsN se-Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh antara manajemen sarana dan prasarana terhadap minat belajar peserta didik, dengan nilai singnifikansi 0,266>0,05 dan t hitung 1,118<1,984. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan uji koefisien determiansi diperoleh nilai 0,013% yang mengandung arti bahwa pengaruh variabel bebas ( Manajemen Sarana dan Prasrana) terhadap variabel terikat (Minat Belajar Peserta Didik) sebesar 1,3&. Sedangkan 98,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Adapun hasil perhitungan uji regresi linear sederhana menunjukan nilai F hitung sebesar 1,249 degan tingkat signifikansi sebesar 0,266>0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel bebas (Manajemen Sarana dan Prasarana) terhadap variabel terikat ( Minat Belajar Peserta Didik). Implikasi dari temuan ini menunjukan bahwa manajemen sarana dan prasarana yang tinggi belum tentu meningkatkan minat belajar peserta didik di MTsN se-Kabupaten Karawang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen; sarana dan prasarana; minat belajar; peserta didik |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Fairuz Arya Nugraha |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:05 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |