Penerapan metode Word Square dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V MI Aljihad Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Agni Yulianti, Nadia (2025) Penerapan metode Word Square dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V MI Aljihad Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text (SK Bebas Plagiarisme)
Form-Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-NADIA AGNI YULIANTI.pdf

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB IV)
7_ BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Nadia Agni yulianti1202090155_lampiran penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Jihad, berdasarkan hasil wawancara waktu penelitian dan observasi menunjukkan bahwa murid yang masih kesusahan dalam kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V MI Al-Jihad, Kecamatan Padalarang melalui penerapan metode Word Square dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode Word Square merupakan teknik pembelajaran berbasis permainan yang menggabungkan unsur pencarian kata dengan pemahaman teks, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes membaca pemahaman, observasi, serta dokuumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Word Square dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata tes membaca pemahaman dari siklus pertama ke siklus ke tiga. Selain itu, metode ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa, membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, metode Word Square dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V MI Aljihad kecamatan padalarang setelah penerapan metode word square kemampuan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada Pra siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,68 dan persentase nilai ketuntasan klasikal yaitu 22,72% dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 57,90% dan persentase nilai ketuntasan klasikal yaitu 40,90% dengan kategori cukup. Kemudian pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,36%dan persentase nilai ketuntasan klasikal yaitu 68,18%demgan kategori baik. Kemudian pada siklus III siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,86%dan persentase nilai ketuntasan klasikal yaitu 95,45%demgan kategori sangatbaik. Oleh karena itu, penerapan metode metode word square dapat meningkatkan kemampuan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode; woard square; kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Agni yulianti
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:00
Last Modified: 26 Jun 2025 03:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109824

Actions (login required)

View Item View Item