Penggunaan media pembelajaran visual berbantu plikasi Educaplay untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMA PGRI 3 Bandung

Nofiana, Puspita Dwi (2025) Penggunaan media pembelajaran visual berbantu plikasi Educaplay untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMA PGRI 3 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (164kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (404kB)
[img] Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4_daftarisi.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5_bab1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan BP, berdasarkan observasi awal terhadap siswa kelas X di SMA PGRI 3 Bandung. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dan BP, peneliti menggunakan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Educaplay. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penggunaan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Educaplay pada mata pelajaran PAI dan BP di kelas X SMA PGRI 3 Bandung. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran visual berbantu aplikasi Educaplay pada mata pelajaran PAI dan BP pada kelas X SMA PGRI 3 Bandung. Media pembelajaran visual berbantu aplikasi Educaplay adalah media yang menyampaikan informasi melalui indera penglihatan,, dengan dukungan aplikasi daring Educaplay yang memungkinkan pendidik membuat berbagai aktivitas pembelajaran multimedia seperti kuis, teka-teki, video interaktif, dan permainan edukatif secara gratis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMA PGRI 3 Bandung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X-1 (kelas eksperimen) dan kelas X-3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui: uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Penggunaan media visual berbasis aplikasi Educaplay dilaksanakan dengan efektif dan baik. Tingkat keterlaksanaan pada pertemuan pertama mencapai 92% oleh guru dan 86% oleh siswa, kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 100% oleh guru dan 98% oleh siswa. 2) Hasil motivasi belajar setelah menggunakan media pembelajaran visual berbasis aplikasi Educaplay menunjukkan rata-rata skor 83,41, meningkat dari sebelum penggunaan sebesar 67,86. Nilai N-Gain sebesar 0,48 menandakan peningkatan sedang. Hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) menunjukkan hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tersebut secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Media Visual; Aplikasi Educaplay; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Budi Pekerti
Subjects: Knowledge > Research; Statistical Methods
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pita Puspita Dwi Nofiana
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:59
Last Modified: 25 Jun 2025 03:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109919

Actions (login required)

View Item View Item