Ekspresi pengalaman beragama dalam konteks nilai - nilai moderasi beragama: Studi kasus pada mahasiswa alumni pondok Pesantren Attaqwa angkatan 2020 di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pambudi, Rizko (2025) Ekspresi pengalaman beragama dalam konteks nilai - nilai moderasi beragama: Studi kasus pada mahasiswa alumni pondok Pesantren Attaqwa angkatan 2020 di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya moderasi beragama sebagai fondasi dalam menjaga keharmonisan sosial di tengah masyarakat Indonesia yang pluralistik. Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam, memiliki peran strategis dalam membentuk pemahaman keagamaan yang moderat, toleran, dan inklusif. Penelitian ini secara khusus mengkaji terkait mahasiswa alumni Pondok Pesantren Attaqwa angkatan 2020 yang di ruang lingkup Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam mengekspresikan pengalaman keagamaan dalam konteks nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemahaman mereka tentang moderasi beragama, terutama dalam tiga aspek: teologis, ritual, dan sosial. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi secara mendalam makna subjektif yang dialami oleh para alumni dalam menjalani kehidupan beragama mereka. Secara teoretis, penelitian ini didasarkan pada teori pengalaman keagamaan yang dikembangkan oleh Joachim Wach. Wach menjelaskan bahwa pengalaman keagamaan mencakup tiga dimensi: teologis, yang berkaitan dengan pemahaman terhadap ajaran dan nilai-nilai agama; ritual, yang mencakup praktik keagamaan sehari-hari; dan sosial, yang mencerminkan hubungan dan interaksi dengan masyarakat berdasarkan nilai-nilai keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pesantren dapat menjadi model dalam membentuk generasi yang moderat, baik dalam berpikir maupun bertindak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama; Pengalaman Beragama, Pondok Pesantren; Alumni; Toleransi
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Rizko Pambudi
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:36
Last Modified: 30 Jun 2025 08:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110187

Actions (login required)

View Item View Item