Bahtiar, Rian (2018) Implementasi sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis elektronik (E-Samsat) di Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Latarbelakang ketertarikan penulis terhadap penyediaan pelayanan publik yang kurang optimal, naiknya jumlah kepemilikan kendaraan sehingga menyebabkan kemacetan lalulintas yang berakibatkan terhambatnya masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik yakni pembayaran pajak kendaraan yang cepat. Peraturan Daerah jelas mengatur cara pembayaran pajak kendaraan melaui E-Samsat. Namun dalam pelaksanaannya memiliki hambatan dalam mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kebijakan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis elektronik (E-Samsat) di Jawa Barat, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam pencapaian implementasi kebijakan, dan untuk mengetahui solusi terhadap masalah kebijakan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis elektronik (E-Samsat) di Jawa Barat. Penelitian ini mengacu kepada teori Van Meter dan Van Horn yang mengatakan bahwa keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kebijakan dapat dianalisis melalui beberapa dimensi yaitu Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumber Daya, Karakteristik Agen Pelaksana, Sikap/Kecenderungan para Pelaksana, Komunikasi antar Organisasi dan Aktivitas Pelaksana, Lingkungan Ekonomi, Sosial, dan Politik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar. Untuk memperoleh informasi penulis melakukan observasi, data sekunder, foto maupun wawancara dengan informan. Penelitian ini berdasarkan rumusan pertama yaitu implementasi dilakukan beberapa tahap pembinaan (sosialisasi), pelaksanaan, dan tindakan (pengawasan) serta hasil kesesuaian dengan teori Van Meter dan Van Horn. Rumusan yang kedua, hambatan dalam pelaksanaan E-Samsat, minimnya sosialisasi terhadap masyarakat, kurangnya perluasan kerjasama dengan perbankan dan terbatasnya ATM lain sehingga akses masyarakat kurang, banyaknya masyarakat yang belum memiliki rekening bank. Rumusan ketiga, solusi dalam menghadapi masalah tersebut yaitu meningkatkan sosialisasi dan perluasan kerjasama dengan perbankan lain serta meningkatkan pengawasan secara rutin terhadap pelaksanaan. Hasil penelitian yang dilakukan ternyata implementasi kebijakan tersebut belum berjalan secara optimal dan kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan E-Samsat |
Subjects: | Public Finance > Taxes and Taxation Public Administration Public Administration > General Publications of Public Administration Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Rian Bahtiar |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 08:32 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 08:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11031 |
Actions (login required)
View Item |