Nurfaizah, Iva (2025) Hubungan qana'ah dengan social comparison pada mahasiswa pengguna TikTok program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (SK PLAGIASI)
SK PLAGIASI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
Abstract
Media sosial khususnya TikTok pada saat ini sudah menjadi platform yang banyak digunakan oleh mahasiswa, yang mana penggunaan TikTok ini dapat memicu adanya social comparison karena pengguna terpapar pada representasi kehidupan orang lain, seperti gaya hidup, penampilan, atau pencapaian karir. Sehingga dengan adanya fenomena tersebut serta mudahnya akses dalam penggunaan TikTok, membuka peluang bagi pengguna TikTok untuk melakukan social comparison. Social comparison menurut Festinger yaitu sebuah proses ketika seseorang memiliki dorongan untuk mengevaluasi diri dari segi pendapat dan kemampuan dengan cara membandingkan dengan orang lain hal ini menyebabkan kurangnya rasa puas dan kurangnya penerimaan atas apa yang dimiliki. Sikap qana’ah merupakan sikap menerima dengan cukup atas apa yang dimiliki dengan cara bersyukur, berdoa dan berusaha. Sehingga, dengan adanya sikap qana’ah, membuat individu dapat menerima dan merasa cukup atas apa yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan qana’ah dengan social comparison pada mahasiswa pengguna TikTok Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google formulir yang disebar melalui media sosial. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), kemudian uji hipotesis menggunakan korelasi pearson dan uji regresi sederhana dengan menggunakan Software IBM SPSS 27. Populasi subjek sebanyak 283 mahasiswa dengan sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 74 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa qana’ah pada mahasiswa pengguna TikTok Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon menunjukkan pada tingkat rendah, yaitu sebanyak 30 responden (41,%). Kemudian, social comparison berada pada tingkat sedang, yaitu sebanyak 61 responden (82%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa qana’ah dengan social comparison saling berhubungan secara signifikan dengan nilai signifikansi p = 0,001 dan korelasi sebesar -0,644, yang artinya qana’ah pada mahasiswa pengguna TikTok di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon memiliki hubungan yang negatif artinya semakin rendah tingkat qana’ah maka semakin tinggi tingkat social comparison.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa Pengguna TikTok; Qana’ah; Social Comparison |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Iva Nurfaizah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 07:56 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |