Rinaldi, M Ripki (2018) Analisis Kriteria Intelligible, Plausible, dan Fruitful melalui Pedagogi Materi Subjek (PMS) pada Pembelajaran Usaha dan Energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran tidak terlepas dari interaksi antara guru, peserta didik, dan materi subjek. Pembelajaran dikatakan baik apabila dapat menggambarkan atau mengungkapkan kegiatan pembelajaran secara totalitas. Salah satu pendekatan yang dapat mengungkap pembelajaran secara totalitas adalah Pedagogi Materi Subjek (PMS). PMS menganggap bahwa pembelajaran merupakan suatu fenomena wacana yang mampu mengajarkan materi subjek secara teachable (mudah diajarkan) dan accessible (mudah dijangkau) oleh peserta didik yang memuat kriteria intelligible, plausible, dan fruitful. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kriteria intelligible, plausible, dan fruitful serta keterkaitan antara ketiganya dalam pembelajaran usaha dan energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode analisis wacana. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Garut dengan sampel peserta didik kelas X MIA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria intelligible sebanyak 60% , kriteria plausible sebanyak 20% , kriteria fruitful sebanyak 12% , dan tanpa respon sebanyak 8% . Keterkaitan antara kriteria intelligible, plausible, dan fruitful pada pembelajaran usaha dan energi menunjukkan bahwa peserta didik dapat mencapai kriteria fruitful apabila peserta didik telah mencapai kriteria intelligible dan plausible. Proses pembelajaran tidak terlepas dari interaksi antara guru, peserta didik, dan materi subjek. Pembelajaran dikatakan baik apabila dapat menggambarkan atau mengungkapkan kegiatan pembelajaran secara totalitas. Salah satu pendekatan yang dapat mengungkap pembelajaran secara totalitas adalah Pedagogi Materi Subjek (PMS). PMS menganggap bahwa pembelajaran merupakan suatu fenomena wacana yang mampu mengajarkan materi subjek secara teachable (mudah diajarkan) dan accessible (mudah dijangkau) oleh peserta didik yang memuat kriteria intelligible, plausible, dan fruitful. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kriteria intelligible, plausible, dan fruitful serta keterkaitan antara ketiganya dalam pembelajaran usaha dan energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode analisis wacana. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Garut dengan sampel peserta didik kelas X MIA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria intelligible sebanyak 60% , kriteria plausible sebanyak 20% , kriteria fruitful sebanyak 12% , dan tanpa respon sebanyak 8% . Keterkaitan antara kriteria intelligible, plausible, dan fruitful pada pembelajaran usaha dan energi menunjukkan bahwa peserta didik dapat mencapai kriteria fruitful apabila peserta didik telah mencapai kriteria intelligible dan plausible.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PMS; Intelligible; Plausible; Fruitful; Usaha dan Energi |
Subjects: | Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhamad Ripki Rinaldi |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 08:07 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 08:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11115 |
Actions (login required)
View Item |