Nurdiani, Neng Wida (2018) Bimbingan Motivasi Belajar Agama pada Anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah : studi deskriptif di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Huda Desa Kujangsari Kec. Langensari Kota Banjar. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2018. Download (541kB) |
||
Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2018. Download (304kB) |
||
Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2018. Download (221kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only until 12 April 2018. Download (111kB) |
Abstract
Bimbingan motivasi belajar agama suatu bimbingan yang sangat penting bagi kehidupan semua orang khusunya bagi anak-anak usia 6-12 tahun dimana pada masa ini anak-anak sangat membutuhkan bimbingan atau pengarahan dari orang tua supaya medapatkan pengajaran atau kemampuan yang tepat sesuai tuntutan agama. Oleh karena itu, bimbingan harus dilakukan secara terus menerus dan sistematis dari seorang pembimbing kepada yang dibimbing (konseli) untuk mencegah serta memecahkan masalah yang didalam oleh anak (konseli) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar agama pada anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Huda Kujangasri Banjar (2) penyebab rendahnya motivasi belajar agama pada anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Huda Kujangsari Banjar (3) bimbingan motivasi belajar agama pada anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Huda Kujangsari Banjar Penelitian ini bertolak dari landasan pemikiran bahwa bimbingan motivasi belajar agama pada anak-anak MDA di Al-Huda penting dilakukan dalam aspek supaya anak mengetahui, melakukan dan memahami tentang belajar agama. Pada masa ini anak diarahkan pada pembentukan dan pemahaman keagamaan yang lebih kuat, sehingga diharapkan dapat menjadi pribadi yang memiliki kualitas keimanan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madrasah, Pembimbing, Orang tua murid dan anak Madrasah Diniyah Awaliyah. Hasil penelitian ini adalah bahwa kegiatan bimbingan motivasi belajar agama pada anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Huda Kujangsari Banjar berjalan secara efektif dan efesien, bimbingan tersebut memberikan dampak positif terhadap anak didiknya, karena seluruh komponen bimbingan berjalan sinergis. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam bimbingan belajar agama menjadi suatu hal yang wajar, karena suatu perbuatan atau segala tindak tanduk dalam hidup pasti mengandung resiko. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pelaksanaan bimbingan motivasi belajar agama pada anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Huda Banjar mampu dan efektif. Namun demikian masih banyak yang harus dibenahi terlebih ditingkatkan lagi dalam hal cara penyajian materi harus disesuaikan dengan kebutuhan anak. Kata kunci: Bimbingan belajar agama, Anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan belajar agama; Anak-anak Madrasah Diniyah Awaliyah |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Cecep Abdu Rohman |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 02:33 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 02:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11126 |
Actions (login required)
View Item |