Yuningsih, Yeyen (2013) Tanggapan siswa terhadap pemberian resitasi hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada Mata Pelajaran PAI : Penelitian Deskriptif di Kelas VIII SMP Al-Hasan Panyileukan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
3_DaftarIsi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab1.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
Text
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text
8_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
Abstract
Salah satu hal yang dapat meningkatkan belajar siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Hal inilah yang mendasari pemberian metode resitasi atau penugasan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Pada kenyataannya siswa menanggapi pemberian metode ini dengan positif, namun pada sisi lain kenyataanya motivasi belajar mereka dalam mengikuti pelajaran PAI di sekolahnya cenderung menurun dengan adanya indikasi masih ada sebagian siswa yang disekolahnya terlambat, tidak konsentrasi saat belajar dan tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya. Atas dasar inilah maka yang akan dipermasalahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara tanggapan siswa terhadap pemberian resitasi dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap pemberian resitasi, realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan realitas hubungan tanggapan siswa terhadap pemberian resitasi dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap pemberian metode resitasi. Sehingga hipotesisnya dinyatakan bahwa jika tanggapan siswa terhadap pemberian resitasi positif, maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan tinggi. Sebaliknya jika tanggapan siswa terhadap pemberian resitasi negatif, maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan rendah. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan dengan menggunakan analisis statistik untuk data kuantitatif dan analisis logika untuk data kualitatif. Penyebaran angket ditujukan kepada 26 responden sebagai sampel penelitian. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap pemberian resitasi termasuk kategori tinggi, sebab menghasilkan angka rata-rata 3,96. Sedangkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk pada kategori tinggi sebab menghasilkan angka rata-rata 3,5. Adapun hubungan antara keduanya termasuk kategori rendah, sebab menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,21. Hasil uji signifikansi korelasui menunjukkan bahwa T hitung (1,07) lebih kecil dari T tabel (2,064). Hal ini menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y sebesar 4%, sedangkan 96% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resitasi; Motivasi Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 01:09 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1113 |
Actions (login required)
View Item |