Penerapan metode Treasure Hunt untuk meningkatkan Self Efficacy siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas VII di MTs Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung

Nurlinasari, Linda (2025) Penerapan metode Treasure Hunt untuk meningkatkan Self Efficacy siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas VII di MTs Al-Jawami Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan pada proses pembelajaran di dalam kelas, metode pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih menggunakan metode konvesional yaitu metode ceramah dan penugasan. Hal ini dapat berpengaruhi pada kepercayaan diri atau self efficacy siswa untuk bisa memahami materi pelajaran dan seringkali banyak siswa yang mudah menyerah dalam menyelasaikan tugas dapat ditinjau dari hasil nilai ujian semester yang mencapai 64% siswa mencapai nilai yang dibawah KKM. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapakan metode treasure hunt. Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) Untuk mengetahui penerapan metode treasure hunt pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII Siswa MTs Al-Jawami Cileunyi. (2) Untuk mengetahui self efficacy siswa pada metode treasure hunt pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII Siswa MTs Al-Jawami Cileunyi. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode treasure hunt terhadap self efficacy siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas Siswa VII MTs Al-Jawami Cileunyi. Penelitian ini memiliki dasar pada pemikiran bahwa metode treasure hunt ini merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan self efficacy siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ha penerapan metode treasure hunt terdapat peningkatan terhadap self efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian (1) Proses pembelajaran dengan penerapan metode treasure hunt terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan pada rata rata hasil observasi guru dengan skor 83,3% kriteria “Baik”. (2) Self efficacy siswa setelah menerapakan metode treasure hunt pada kelas eksperimen rata-rata nilai 69,12, sedangkan pada kelas kontrol 67,84. Dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa nilai rata-rata kelas ekperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. (3) Pengaruh penerapan metode treasure hunt terhadap self efficacy siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi khulafaur rasyidin memiliki pengaruh dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang secara empiris dapat terjawab adanya pengaruh pada penerapan metode treasure hunt dalam meningkatkan self efficacy siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Self Efficacy; Treasure Hunt
Subjects: The Self
Psychology > Education of Psychology
Islam > Historical, Geographic of Islam
Islam > Islamic History
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Linda Nurlinasari
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:01
Last Modified: 14 Jul 2025 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111316

Actions (login required)

View Item View Item