Penerapan media realia untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas III MI Al-Misbah Bandung

Nura'eni, Nina (2025) Penerapan media realia untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas III MI Al-Misbah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak..pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarisem.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Daftar isi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas III MI Al-Misbah Bandung. Beberapa faktor penyebabnya antara lain: perencanaan pembelajaran yang belum stabil, keterbatasan kompetensi guru dalam menyampaikan materi IPA, serta terbatasnya infrastruktur penunjang pembelajaran. Kondisi ini menuntut adanya solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya melalui penerapan media realia sebagai alat bantu pembelajaran yang konkret dan kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep IPA sebelum dan sesudah penerapan media realia, serta untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media realia dalam proses pembelajaran. Media realia diyakini mampu memberikan pengalaman belajar yang nyata dan bermakna bagi siswa, sehingga mereka lebih mudah memahami konsep- konsep IPA yang bersifat abstrak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas III MI Al-Misbah Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes esai dan dokumentasi, dengan pendekatan kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep IPA siswa setelah diterapkannya media realia. Nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 51 dengan kategori kurang, sedangkan stelah diterapkanya media relia nilai rata-ratanya meningkat menjadi 69 dengan kategori cukup pada siklus I, dan 86 dengan kategori sangat baik pada siklus ke II. Selain itu, penilaian aktivitas guru dan siswa juga menunjukkan perkembangan positif; aktivitas guru meningkat dari 67% dengan kriteria sedang menjadi 82% kriteria sangat baik, sementara aktivitas siswa meningkat dari 75% dengan kriteria baik menjadi 90% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA secara efektif mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa. Media realia sebagai alat bantu yang konkret terbukti relevan sehingga dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya di jenjang pendidikan dasar seperti MI dan media ini dapat direkomendasikan sebagai strategi dalam pembelajran IPA di jengjang MI/SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Realia; Pemahaman Konsep IPA; Hasil Belajar IPA
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nina Nuaeni
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:24
Last Modified: 07 Jul 2025 08:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111327

Actions (login required)

View Item View Item