Nura'eni, Nina (2025) Penerapan media realia untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas III MI Al-Misbah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak..pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarisem.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftar isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas III MI Al-Misbah Bandung. Beberapa faktor penyebabnya antara lain: perencanaan pembelajaran yang belum stabil, keterbatasan kompetensi guru dalam menyampaikan materi IPA, serta terbatasnya infrastruktur penunjang pembelajaran. Kondisi ini menuntut adanya solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya melalui penerapan media realia sebagai alat bantu pembelajaran yang konkret dan kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep IPA sebelum dan sesudah penerapan media realia, serta untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media realia dalam proses pembelajaran. Media realia diyakini mampu memberikan pengalaman belajar yang nyata dan bermakna bagi siswa, sehingga mereka lebih mudah memahami konsep- konsep IPA yang bersifat abstrak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas III MI Al-Misbah Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes esai dan dokumentasi, dengan pendekatan kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep IPA siswa setelah diterapkannya media realia. Nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 51 dengan kategori kurang, sedangkan stelah diterapkanya media relia nilai rata-ratanya meningkat menjadi 69 dengan kategori cukup pada siklus I, dan 86 dengan kategori sangat baik pada siklus ke II. Selain itu, penilaian aktivitas guru dan siswa juga menunjukkan perkembangan positif; aktivitas guru meningkat dari 67% dengan kriteria sedang menjadi 82% kriteria sangat baik, sementara aktivitas siswa meningkat dari 75% dengan kriteria baik menjadi 90% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA secara efektif mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa. Media realia sebagai alat bantu yang konkret terbukti relevan sehingga dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya di jenjang pendidikan dasar seperti MI dan media ini dapat direkomendasikan sebagai strategi dalam pembelajran IPA di jengjang MI/SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Realia; Pemahaman Konsep IPA; Hasil Belajar IPA |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nina Nuaeni |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |