Penerapan Reward and Punishment terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa

Ismail, Irfan (2025) Penerapan Reward and Punishment terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abtrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CamScanner 07-07-2025 13.35 (1).pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
CamScanner 07-07-2025 13.40 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa penerapan sistem Reward and Punishment di SDN Ciherang secara umum sudah berjalan dengan baik, yang juga terlihat dari tanggapan seluruh siswa saat observasi dilakukan. Namun demikian, masih ada sebagian siswa yang menunjukkan motivasi belajar yang rendah dan hasil belajar yang belum optimal. Hal ini menandakan adanya ketidaksesuaian antara penerapan reward and punishment dengan dampaknya pada motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini berlandaskan dari sebuah pemikiran yang mengatakan bahwa reward and punishment merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan guru selama proses pembelajaran untuk memberikan dorongan kepada siswa. Keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada cara guru mengajar, sehingga peran guru sangat krusial, terutama dalam membentuk perkembangan mental dan spiritual peserta didik. Dasar pemikiran penelitian ini adalah bahwa reward and punishment merupakan salah satu metode yang diterapkan guru selama proses pembelajaran untuk memberikan dorongan kepada siswa. Keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada cara guru mengajar, sehingga peran guru sangat krusial, terutama dalam membentuk perkembangan mental dan spiritual peserta didik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif berbasis angka dengan rancangan hubungan antar variabel. Informasi dikumpulkan melalui kuesioner, pengamatan langsung, percakapan mendalam, serta telaah terhadap dokumen yang relevan. Responden terdiri dari 42 siswa kelas V SDN Ciherang, seluruh siswa di kelas tersebut. Pengolahan data dilakukan melalui dua jalur analisis, yakni pemaparan deskriptif serta uji keterkaitan menggunakan pendekatan regresi linier sederhana guna menelusuri hubungan antar unsur variabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa realitas variabel penerapan reward terhadap motivasi tidak berpengaruh secara signifikan diperoleh hasil p-value > 0,05 dari hasil perhitungan uji t menunjukan bahwa variabel reward memiliki nilai signifikansi 0,066 yang lebih besar dari 0,05 artinya (H0) diterima. Sedangkan punishment terhadap motivasi berpengaruh secara signifikan diperoleh hasil p-value < 0,05, dari hasil perhitungan uji t menunjukan bahwa variabel punishment memiliki nilai signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 yang artinya (Ha) diterima. Sedangkan analisis data hasil perhitungan uji t dari penerapan reward terhadap hasil memiliki nilai signifikansi p-value>0,05 yaitu 0,693 lebih besar dari 0,05, artinya secara parsial reward terhadap hasil tidak berpengaruh secara signifikan. Sama halnya dengan punishment terhadap hasil memiliki nilai p-value > 0,05 yaitu 0,843>0,05, yang artinya secara parsial punishment terhadap hasil tidak berpengaruh secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengaruh; reward and punisment; motivasi; hasil
Subjects: Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irfan Ismail
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:17
Last Modified: 07 Jul 2025 07:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111458

Actions (login required)

View Item View Item