Anggraeni, Rani (2018) Bimbingan untuk menghilangkan misperception dalam merencanakan karier. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
Abstract
Siswa SMK sebagaimana dijelaskan pada kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan idealnya memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja dan memiliki pemahaman serta perencanaan yang matang tentang keahlian yang dipilihnya. Namun, pada kenyataan dilapangan masih ditemukan siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang belum siap memasuki dunia kerja dan kurang memiliki pemahaman serta perencanaan yang matang tentang keahlian yang dipilihnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses bimbingan perencanaan karir di SMKN 6 Bandung, aspek-aspek misperception perencanaan karir di SMKN 6 Bandung dan upaya bimbingan perencanaan karir untuk menghilangkan misperception perencanaan karir di SMKN 6 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan siswa kelas XII dan guru bk SMKN 6 Bandung. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif, berdasarkan teori bimbingan karier di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses bimbingan perencanaan karier di SMKN 6 badung melalu dua layanan bimbingan, yaitu bimbingan individual dan bimbingan kelompok. Aspek-aspek misperception dalam merencanakan karier diantaranya adalah siswa merasa kebingungan dalam memilih karier karena tidak adanya dukungan dari orang tua, siswa merasa tidak percaya diri bekerja atau kuliah di bidang yang sesuai dengan jurusan karena tidak memiliki keahlian khusus, siswa merasa tidak masalah bekerja apa saja yang penting menghasilkan uang, siswa merasa bangga dengan pekerjaan orang tua atau kakanya atau pihak keluarga lainnya dan siswa merasa tersesat masuk di jurusannya saat ini. Adapun upaya bimbingan perencanaan karier untuk menghilangkan misperception dalam merencanakan karier adalah mengevaluasi persepsi itu sendiri, beberapa masalah kesalahan persepsi atau persepsi negatif dapat mendatangkan kerugian bagi diri sendiri, meningkatkan berbagai layanan program yang sudah ada, seperti bimbingan pendekatan individual dan bimbingan pendekatan kelompok, memperbaiki materi-materi bimbingan perencanaan karir, dan cara penyampaiannya, lebih sering mengadakan tes minat dan bakat untuk siswa, melakukan kolaborasi dengan orang tua siswa dan guru mata pelajaran/wali kelas, melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait, dan berkomunikasi, kesalahan persepsi dapat diatasi dengan berkomunikasi. Kata Kunci: Bimbingan Karier, Misperception, Perencanaan Karier.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karier; Misperception; Perencanaan Karier; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rani Anggraeni |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 04:25 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 04:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11156 |
Actions (login required)
View Item |