Syahidi, Ridwan (2009) Karakteristik al-Muttaqin dalam al-Qur`an surat al-Baqarah ayat 1-5: Implikasinya terhadap tujuan pendidikan Islam: analisis ilmu pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR_ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
Abstract
Para ahli pendidikan sepakat bahwa tujuan pendidikan adalah menghasilkan manusia yang baik, akan tetapi mereka berbeda pendapat tentang karakteristik manusia yang baik itu. Dalam surat al-Baqarah ayat 1-5, Allah SWT mengungkapkan bahwa manusia baik itu ialah al-muttaqin atau orang bertakwa. Masalahnya, bagaimana konsep tujuan pendidikan Islam dalam Ilmu Pendidikan Islam?, bagaimana penafsiran karakteristik al-muttaqin dalam ayat-ayat itu?, serta bagaimana implikasinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam?. Tujuan penulisan ini untuk mengungkap konsep tujuan pendidikan Islam dalam Ilmu Pendidikan Islam dan penjelasan dari ulama tafsir tentang karakteristik al-muttaqin, serta untuk mengetahui implikasinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa tujuan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pendidikan Islam. Dengan adanya tujuan yang jelas, seorang pendidik dapat memiliki orientasi dalam mendidik. Selain itu dengan adanya rumusan tujuan yang jelas, ia dapat memilih metode yang tepat, menentukan evaluasi, alat dan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses pendidikan. Dengan kedudukannya yang sangat penting inilah, maka tujuan tidak boleh dirumuskan secara sembarangan, melainkan harus mengacu kepada al-Qur`an sebagai petunjuk dari Allah SWT bagi manusia dalam menjalani kehidupannya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis isi (content analisis) dengan tekhnik studi kepustakaan terhadap al-Qur`an surat al-baqarah ayat 1-5, sebagai data primer yang dilengkapi dengan kitab-kitab tafsir dan teori-teori pendidikan yang terdapat dalam buku-buku kependidikan dan buku-buku lainnya, sebagai data skunder. Adapun analisis datanya didasarkan pada tiga pendekatan, yaitu pemprosesan, katagorisasi dan penafsiran data. Dari data yang ditemukan menunjukan bahwa al-muttaqin sebagai hasil dari proses pendidikan Islam itu ialah orang yang memahami dan mengamalkan al-Qur`an, beriman terhadap perkara ghaib, mampu memfungsikan anggota tubuh dan jiwa ketika mendirikan shalat, dan mengeluarkan infak yang mengharuskannya memiliki kecerdasan dan rasa empati. Selain itu orang bertakwa berpegang teguh kepada al-Qur`an dan al-Sunnah serta memiliki keyakinan yang kuat kepada hari akhirat. Merekalah manusia yang berkepribadian Islami serta bahagia di dunia dan akhirat. Hal ini menghasilkan kesimpulan bahwa ayat 1-5 dalam surat al-Baqarah mengandung implikasi bahwa Tujuan Pendidikan Islam hendaknya berusaha mewujudkan manusia berkepribadian Qur`ani, dengan membina aspek afektif, psikomotorik dan kognitif, serta hidup bersosialisasi. Selain itu harus pula memberikan kemampuan moral yang bersumber dari pemahaman yang utuh terhadap wahyu serta amal-amal kebajikan sebagai hasil dari keyakinan yang kuat terhadap hari akhirat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tujuan pendidikan Islam; al-Muttaqin; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 02:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |