Fikri, Wahid (2009) Konsep dan pelaksanaan pendidikan akidah bagi santri Darul Arqam Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR_ISI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text (BAB III)
bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
Text (BAB IV)
bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Ma'had Darul Arqam adalah lembaga Pendidikan Islam yang berkomitmen tinggi untuk menciptakan generasi khaira ummah, ber-tafaquh fiddin dan ber-akhlaqul karimah yang mampu memberikan manfaat, tidak hanya bagi Muhammadiyah, tetapi juga bagi umat Muslimin secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan akidah bagi santri Darul Arqam, untuk mengetahui realitas pelaksanaan pendidikan akidah bagi santri Darul Arqam dan untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat keberhasilan konsep dan pelaksanaan pendidikan akidah bagi santri Darul Arqam. Penelitian ini bertolok dari konsep pendidikan akidah di Ma’had Darul Arqam. Konsep pendidikan akidah di Ma'had Darul Arqam dipengaruhi oleh latar belakang berdirinya Ma'had Darul Arqam dan organisasi yang menaunginya yaitu Muhammadiyah. Dari kedua faktor itu maka lahir sebuah konsep pendidikan akidah, yang akhirnya tertuang dalam visi, misi dan tujuan pada Ma’had Darul Arqam. Pelaksanaan pendidikan akidah berpedoman pada konsep yang telah tertera pada Ma'had Darul Arqam, pelaksanaan pendidikan akidah tertuang lewat kegiatan belajar mengajar, yaitu lewat metode, alat dan evaluasi yang sinergis dengan konsep pendidikan akidah di Ma'had Darul Arqam. Langkah penelitian yang digunakan adalah penetuan jenis data, sumber data, metode deskriptif, sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan cara menggunakan teknik observasi, wawancara, menyalin data dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menelaah seluruh data, unitisasi data, kategorisasi, uji keabsahan data serta menafsirkan data untuk mendapat kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil dari konsep dan pelaksanaan pendidikan akidah bagi santri Darul Arqam Garut di tarik kesimpulan bahwa konsep pendidikan akidah di Darul Arqam yaitu menciptakan generasi khaira ummah, generasi yang ber-tafaqquh fiddin dan berakhlaqul karimah, dengan pelaksanaan pendidikan akidah berisistem boarding school, berdasarkan kurikulum "Terpadu" dan "Berimbang" dengan menggunakan beberapa metode diantaranya: sorogan, bandongan, halaqah, laratan, ceramah dengan doktrin-doktrin agama dan diskusi. Adapun kitab-kitab yang digunakan dalam pendidikan akidah diantaranya: Jawahiru Kalamiyah (Syehk Tohir bin Sholeh Jazair), Al-Aqiedatul Wasathaniyah (Ibnu Taimiyah), Kitabut Taohid (Syeikh Abdul Wahab) dan kitab Muqarar Tauhid. Bentuk evaluasi pendidikan akidah di Ma'had Darul Arqam menggunakan pre test, post test, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif. Adapun Faktor penunjang konsep dan pelaksanaan pendidikan akidah diantaranya, kurikulum, guru dan pembina, sarana dan prasarana, lingkungan, kedisiplinan, dan kegiatan ekstrakulikuler. Sedangkan faktor penghambat diantaranya, kesehatan santri, kejenuhan, dan kesiapan mental santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akidah; Darul Arqam Garut; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 03:08 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 06:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1122 |
Actions (login required)
View Item |